Inovasi Muda dan FISIP Unpad Mengembangkan Inovasi Hijau di Cirebon

Inovasi Muda Foundation dan Program Studi Sosiologi di FISIP Universitas Padjajaran (Unpad) berkolaborasi untuk mengembangkan Green Innovation Hub di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Inovasi Muda Foundation dan Program Studi Sosiologi di FISIP Universitas Padjajaran (Unpad) berkolaborasi untuk mengembangkan Green Innovation Hub di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Program ini bertujuan mengembangkan solusi inovatif dan berkelanjutan yang melibatkan mahasiswa untuk terjun langsung kemasyarakat. Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen kedua institusi dalam mendukung pendidikan yang lebih aplikatif dan berfokus pada pengembangan masyarakat.

Restu Andini, Direktur Eksekutif di Inovasi Muda Foundation, mengatakan kolaborasi ini merupakan langkah strategis untuk memberdayakan mahasiswa dan masyarakat dalam menciptakan solusi yang berdampak positif bagi lingkungan dan sosial. "Melalui Green Innovation Hub, kami berharap dapat mendorong inovasi yang berkelanjutan dan menciptakan perubahan yang nyata di Kabupaten Cirebon," ujar Restu, Rabu (4/9/2024).

Program Green Innovation Hub ini bertautan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui skema magang. Para mahasiswa terlibat aktif selama empat bulan, mulai dari September hingga Desember 2024. Mahasiswa akan berpartisipasi dalam beberapa tahapan program, termasuk riset perencanaan yang mencakup pemetaan sosial dan pemangku kepentingan, implementasi program melalui perencanaan strategis dan manajemen proyek, hingga evaluasi dampak sosial menggunakan metode Social Return on Investment (SROI).

Nantinya, hasil nyata dari program ini menciptakan model kolaborasi yang efektif antara institusi pendidikan dan masyarakat lokal dalam mengembangkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan. Selain memberikan pengalaman praktis yang sejalan dengan kurikulum, program ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam pengelolaan proyek pengembangan masyarakat, serta memperkaya literatur akademik melalui publikasi ilmiah.

Program ini berpotensi membuka peluang kerja sama jangka panjang yang berfokus pada inovasi dan keberlanjutan. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini akan mendapatkan konversi 20 SKS sesuai dengan skema MBKM terintegrasi dengan kurikulum Prodi Sosiologi FISIP Unpad dan dengan kurikulum yang telah diciptakan Inovasi Muda dalam Sustainability Academy, memberikan mereka pengalaman praktis yang relevan dengan kurikulum dan meningkatkan keterampilan mereka dalam pengelolaan proyek di lapangan.

Program ini diharapkan dapat membuka jalan untuk beasiswa Inovasi Muda dan partisipasi dalam Sustainability Academy sehingga menciptakan platform pembelajaran praktis yang terintegrasi dengan kurikulum Prodi Sosiologi FISIP Unpad.

Kolaborasi ini mencerminkan komitmen Inovasi Muda Foundation dan Prodi Sosiologi FISIP Unpad dalam mendukung pendidikan yang inovatif dan berkelanjutan, sekaligus memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Cirebon. Melalui kolaborasi ini, diharapkan tercipta sinergi yang berkelanjutan dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk praktisi, akademisi, dan pemerintah, dalam upaya bersama menciptakan dampak sosial yang nyata dan berkelanjutan. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Inovasi Muda dan FISIP Unpad Mengembangkan Inovasi Hijau di Cirebon. Please share...!

Back To Top