All New Triton Lebih Buas Berkat Mesin Baru 4N16

Mitsubishi All New Triton


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan model terbaru Triton. Mobil niaga ringan yang telah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia selama 22 tahun itu kini hadir dengan mesin, fitur, dan kelengkapan terbaru yang bisa diandalkan untuk aktivitas kerja. Hadir dengan slogan 'Turn ON the Beast Mode,' pickup ini hadir dengan pengembangan pada ladder frame baru dengan luas penampang chassis yang 65% lebih besar dibandingkan model sebelumnya. Tidak hanya itu, Mitsubishi All-New Triton menerapkan desain baru, yang menampilkan bahasa desain khas Mitsubishi Motors yakni dynamic shield pada bagian depan, yang ditonjolkan melalui lampu T-shape.

All New Triton dibekali mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4 yang lebih bertenaga serta lebih efisien, dengan tenaga maksimal 184 PS/ 135km dan torsi sebesar 430 Nm. Keandalan mesin Mitsubishi All-New Triton, dilengkapi dengan kemampuan 4x4 untuk dikendarai di berbagai medan, dengan ground clearance hingga 222 mm. Mesin baru ini memiliki banyak kelebihan dibanding mesin-mesin Mitsubishi Triton model sebelumnya, yakni 4N15 dan 4D56. Mesin baru tersebut diyakini mampu mendongkrak fungsionalitas Mitsubishi Triton di medan-medan berat serta lahan bisnis yang selalu jadi makanan Mistsubishi Triton yakni perkebunan dan tambang.

Triton anyar hanya memakai mesin 4N16, dengan penyesuaian tenaga dan torsi maksimal di setiap varian. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan yang sesuai dengan setiap varian.

Mesin 4N16 memiliki banyak kelebihan dibanding mesin 4N15. Pertama, bagian atas piston 4N16 sudah disempurnakan, sehingga lebih ringan, minim gesekan, dan mampu meningkatkan performa pendinginan di combustion chamber.  Kedua, 4N16 punya perbedaan di supply pump dan injector.  Ketiga bentuk inlet yang lebih optimal.  Keempat, penggunaan variable oil control valve. Kombinasi itu membuat mesin 4N16 lebih potensial secara kinerja, terutama torsi besar di putaran lebih rendah membuat mobil lebih cekatan berakselerasi di start awal dengan beban penuh.

Rifat Sungkar, brand ambassador Mitsubishi Indonesia, menegaskan, kelebihan mobil ini adalah mapping ECU sebagai karakter utama, seperti fuel filter dan injekto. Kekuatan mesin ini adalah mengurangi kehilangan tenaga menggunakan timing belt. “Untuk mengantisipasi kualitas bahan bakar, ada injektor yang sudah disesuaikan serta fuel filter dengan SOP perawatan. Ini bermanfaat buat bisnis tambang,” kata Rifat, Kamis (26/9/2024).

Menurut dia, mesin Triton memiliki tiga opsi tenaga, yakni 110 hp, 150 hp, dan 184 hp. Mesin dengan tenaga 110 PS merupakan feedback dari customer yang lapangan, yang tidak butuh cepat, tetapi butuh kapabilitas di medan yang berat. Lalu, mesin 150 hp varian GLS 4x4 dan GLX 4x2 cocok untuk lighter offroad, kombinasi jalan raya dan offroad di 3.200-3.500 rpm.  Adapun mesin 184 hp di varian paling atas mengandalkan torsi bawah di 2.500-2.700 rpm. Gearnya juga berubah dari 4,0 ke 4,6, sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat kita.

Hikaru Mii, director of product strategy division MMKSI menegaskan, Triton anyar menyesuaikan kebutuhan pelanggan dan karakteristik bisnisnya masing-masing. Varian HDX dengan power rendah, torsi kuat, cocok bagi mereka yang membutuhkan respons cepat dan tenaga lebih besar. “Di saat yang sama, kita juga mencoba meningkatkan kemampuan efisiensi mobil ini semakin baik di setiap varian, menyesuaikan kebutuhan konsumen,” kata dia. (ym)

Labels: Otomotif

Thanks for reading All New Triton Lebih Buas Berkat Mesin Baru 4N16. Please share...!

Back To Top