PGEO dan Ecolab Kembangkan Teknologi Pengukuran Fluida Flow2Max

Penandatanganan MoU anatara PGEO dan Ecolab dalam pengembangan teknologi


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) terus mengembangkan inovasi energi panas bumi. Perseroan menjalin kemitraan strategis dengan Ecolab International Indonesia (Ecolab) melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk pengembangan teknologi pengukuran aliran fluida dua fasa, Flow2Max, Senin (19/8/2024).

Kerja sama ini bertujuan terciptanya solusi baru dalam sektor energi panas bumi dan industri lainnya. MoU ini juga merupakan persiapan menuju penandatanganan perjanjian lisensi yang akan dilaksanakan dalam acara Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE) pada 18-20 September 2024.

Flow2Max merupakan inovasi pertama di dunia dalam pengukuran aliran fluida dua fasa secara lebih andal, real-time, dan akurat yang dikembangkan oleh Mohamad Husni Mubarok PhD, Manager Production and Operational Excellence PGE. Teknologi ini telah mendapatkan paten di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Islandia, Turki, Filipina, Selandia Baru, dan Indonesia, menunjukkan pengakuan global atas potensi inovasinya.

“Kita membutuhkan mitra yang baik seperti Ecolab untuk tumbuh dan saling mendukung, terutama dalam meluncurkan inisiatif ini. Ini adalah terobosan, bukan hanya karena memperkenalkan teknologi baru, tetapi juga karena menghadirkan produk nyata. Kita tidak hanya berbicara-kita benar-benar bertindak. Hal ini menunjukkan komitmen kita dan membuktikan bahwa kita bergerak ke arah yang benar,” kata Direktur Utama PGEO, Julfi Hadi.

Ecolab International Indonesia, sebagai bagian dari Ecolab Inc Amerika Serikat, melihat peluang besar untuk mengaplikasikan Flow2Max di berbagai sektor industri, termasuk sektor migas dan utilitas. Christophe Beck, CEO Ecolab Inc menyoroti bahwa kerja sama antara PGE dan Ecolab sangat signifikan tak hanya untuk kedua belah pihak, melainkan untuk Dunia.

“Kami berbicara tentang teknologi, dunia, kemitraan baru, dan mengenai dunia yang akan berubah dengan cepat. PGEO akan mengubah dunia dengan menawarkan solusi yang sangat dibutuhkan. Ecolab, sebagai ahli di banyak sektor industri melihat potensi besar dalam kerja sama ini. Namun, semua teknologi, kapabilitas, dan visi tidak akan terwujud tanpa adanya kepercayaan antara kedua perusahaan,” kata Christophe Beck.

Dengan pengalaman lebih dari satu abad, Ecolab memiliki kapabilitas untuk mengintegrasikan teknologi baru dan memperluas jangkauannya. Teknologi Flow2Max berpotensi dikombinasikan dengan teknologi bahan kimia, automasi, dan digital dari Ecolab untuk memberikan dampak yang lebih besar terhadap efisiensi, keandalan dan keberlanjutan produksi pembangkit listrik geotermal. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading PGEO dan Ecolab Kembangkan Teknologi Pengukuran Fluida Flow2Max. Please share...!

Back To Top