Kolaborasi Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia dan TOTO Edukasi Gerakan Toilet Bersih

(tengah) dr. Cashtry Meher Ketua Umum Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Untuk mendukung kesehatan dan kecerdasan anak yang berada dalam fase pertumbuhan, kebersihan toilet sekolah dasar sangat penting. Karena toilet yang bersih membantu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti penyakit menular dan gangguan kesehatan lainnya, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan mendukung perkembangan anak secara optimal. Menyadari hal tersebut, Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia menyelenggarakan roadshow Pendidikan Karakter dalam Toilet Bersih. Karena diperlukan Integrasi pendidikan karakter yang kuat dan berkomitmen terhadap kebersihan lingkungan, termasuk toilet sekolah.

Ketua Umum Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia, Cashtry Meher menuturkan kita dapat menciptakan generasi yang lebih sehat, bertanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan.

Dengan tagline “Senyum Sehat Senyum Pintar”, gerakan toilet bersih ini merupakan salah satu program dari Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia. Untuk pelaksanaan program ini, Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia menggandeng beberapa mitra seperti Yayasan Cahaya Peduli Semesta, Yayasan Bentang Merah Putih dan PT Surya Pertiwi Tbk sebagai distributor tunggal produk TOTO. Pada kesempatan ini PT Surya Pertiwi Tbk menyerahkan seperangkat perlengakapan toilet TOTO untuk SDN 05 Pondok Pinang Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan roadshow "Senyum Sehat Senyum Pintar", anak-anak kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 05 dan 10 Pondok Pinang mendapat pembekalan yang terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, "Senyum Sehat" disampaikan oleh Dr. dr. Cashtry Meher yang membahas pentingnya kebersihan pribadi dan toilet.

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang kebersihan toilet, mengajarkan praktik kebersihan yang baik, serta mengurangi risiko penyebaran penyakit akibat kebersihan toilet yang buruk. Pemahaman ini diharapkan menciptakan lingkungan sekolah yang lebih sehat dan nyaman.

Kedua, "Senyum Pintar" disampaikan oleh Yohana Elizabeth H. yang membahas nilai-nilai kepemimpinan dalam berkelompok. Materi ini menekankan pentingnya tanggung jawab, percaya diri, menghargai keberagaman, dan kerja tim. Nilai-nilai kepemimpinan yang diajarkan diharapkan membantu siswa menjadi individu yang lebih baik dalam perilaku sehari-hari, baik sebagai teman maupun siswa, serta membentuk karakter yang kuat dan positif.

Ketiga, kegiatan praktik kerja kelompok dilakukan melalui permainan yang melibatkan siswa dalam membersihkan lingkungan sekolah, terutama toilet. Para guru mengamati bagaimana siswa berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok. Terakhir ditutup oleh Christian Panggabean dengan pembekalan seni bicara (public speaking), mengajarkan siswa cara memberikan presentasi yang tepat, persuasif, dan menyenangkan.

Dengan dukungan mitra seperti Yayasan Cahaya Peduli Semesta, Yayasan Bentang Merah Putih, dan PT Surya Pertiwi Tbk, gerakan ini diharapkan dapat menjadi contoh nyata bagaimana pendidikan karakter dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menjaga kebersihan dan kesehatan di sekolah. Pada akhirnya, program ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap senyuman anak-anak Indonesia adalah cerminan dari kesehatan dan kepintaran mereka, yang didukung oleh lingkungan sekolah yang bersih dan positif.

Melalui program seperti ini, Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia juga ingin menunjukkan bahwa masa depan bangsa dimulai dari hal-hal sederhana, seperti menjaga kebersihan toilet sekolah, yang berdampak besar bagi kesehatan dan perkembangan karakter anak-anak. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Kolaborasi Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia dan TOTO Edukasi Gerakan Toilet Bersih. Please share...!

Back To Top