Ciputra Life Targetkan Pendapatan Premi di Tahun Ini Rp600 Miliar

Hengky Djojosantoso Direktur Utama Ciputra Life (tengah) didampingi direksi PT Asuransi Ciputra Indonesia saat pemaparan kinerja semester I/2024 di Jakarta, Rabu (14/8/2024)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kinerja PT Asuransi Ciputra Indonesia (Ciputra Life) kian moncer. Tahun lalu, misalnya, Ciputra Life berhasil membukukan pendapatan premi sebesar Rp460,1 miliar, atau tumbuh sebesar 43% dibandingkan tahun 2022. Hingga semester pertama tahun ini, Ciputra Life membukukan pendapatan premi sebesar Rp295,1 miliar, atau tumbuh sebesar 46% dibandingkan periode yang sama di 2023. “Hingga akhir tahun ini kami menargetkan pendapatan premi Ciputra Life dua kali lipat dari total pendapatan premi semester I tahun ini atau sekitar Rp 600 miliar lebih,” kata Direktur Utama Ciputra Life Hengky Djojosantoso, Rabu (14/8/2024).

Pencapaian pendapatan premi ini mayoritas didorong oleh kontribusi dari produk Asuransi Jiwa Kredit, baik untuk melindungi nasabah yang mengambil kredit KPR maupun kredit kendaraan bermotor.

Hengky menambahkan pemasaran produk asuransi jiwa kredit dilakukan dengan cara bekerja sama dengan Bank dan Perusahaan Pembiayaan. Sampai saat ini, Ciputra Life telah bekerja sama dengan lebih dari 20 bank dan perusahaan pembiayaan. Selain asuransi jiwa kredit, Ciputra Life juga memasarkan produk asuransi kesehatan dan jiwa traditional sederhana, yang dipasarkan melalui saluran distribusi telemarketing dan digital yaitu melalui program Ciputra Entrepreneurs Club.

Sebagai bukti komitmen Perusahaan untuk memberikan perlindungan dan layanan terbaik kepada nasabah, Ciputra Life telah membayarkan klaim sebesar Rp63 miliar sepanjang tahun 2023, meningkat sebesar 18% dibandingkan tahun 2022. Hengky menyampaikan meskipun secara bisnis usia Ciputra Life baru 7 tahun namun telah berhasil mencetak laba komprehensif sebesar Rp8,45 miliar di tahun lalu. “Ciputra Life pertama kali mencetak laba komprehensif di tahun ke-6 beroperasi yaitu sebesar Rp460 juta di tahun 2022. Hal ini menjadikan Ciputra Life sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa baru di Indonesia yang tercepat dalam mencetak laba bersih,” ujarnya.

Pertumbuhan laba komprehensif ini terus berlanjut pada semester I tahun 2024. Walau pasar saham maupun obligasi berfluktuasi, Ciputra Life berhasil membukukan laba komprehensif pada akhir Juni 2024 sebesar Rp10,85 miliar atau tumbuh sebesar 127% dibandingkan semester I/2023. “Hingga akhir tahun ini Ciputra Life menargetkan laba komprehensif sekitar Rp30 miliar,” kata Hengky.

Seiring dengan pertumbuhan pendapatan premi dan laba yang positif, Ciputra Life menjaga rasio kecukupan modal yang kuat yang tercermin dalam pencapaian risk based capital ratio (RBC) sebesar 262% pada akhir tahun 2023, jauh di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator sebesar 120%. Hal ini tentunya menjadi bekal yang baik bagi Ciputra Life untuk terus bertumbuh dan mengembangkan bisnisnya.

Untuk memberikan layanan dan menjangkau segmen pasar yang lebih luas, Ciputra Life secara resmi meluncurkan produk Ciputra Medical Insurance, yaitu asuransi kesehatan kumpulan sebagai solusi bagi perusahaan dalam memastikan perlindungan kesehatan yang terbaik bagi seluruh karyawannya.

Listianawati, Direktur Ciputra Life, menjabarkan Ciputra Medical Insurance menyediakan berbagai kemudahan dan manfaat menyeluruh serta fleksibel baik bagi perusahaan dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi karyawan, yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan ketersediaan anggaran perusahaan. Perlindungan kesehatan menyeluruh bagi karyawan selama 24 jam mencakup perlindungan rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, rawat bersalin dan kacamata.

Listianawati sangat optimistis produk terbaru yang diluncurkan ini, diterima oleh pasar, karena memiliki beberapa kelebihan dan fleksibilitas yang dapat dirasakan oleh setiap nasabah. Untuk tahun pertama diakui Listianawati tidak akan memasang target, tapi akan lebih fokus ke layanan yang akan diberikan. “Kalau bicara target pendapatan premi, di bawah Rp 50 miliar untuk tahun pertama,” katanya. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Ciputra Life Targetkan Pendapatan Premi di Tahun Ini Rp600 Miliar. Please share...!

Back To Top