SUN Energy Incar Bisnis PLTS di Delta Mas Cikarang

SUN Energy dan Yayasan SUN lakukan edukasi panel surya melalui donasi pemasangan PLTS Atap ke sekolah Cikarang Japanese School di Delta Mas Cikarang, Bekasi


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Masih sedikitnya jumlah gedung komersial, lembaga dan hunian yang menggunakan energi tata surya ditangkap oleh PT Surya Utama Nuansa (SUN) Energy sebagai peluang bisnis. Untuk itu, salah satunya perseroan membidik potensi pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di kawasan industri Delta Mas Cikarang, Bekasi.

Chief Sales Officer SUN Energy, Oky Gunawan, menyampaikan peluang pasar industri di wilayah Delta Mas Cikarang cukup besar. Sebab, banyak gedung dan pabrik perusahaan multinasional dan nasional yang belum memanfaatkan PLTS sebagai sumber energi di sana. “Kami targetkan lebih dari 50% gedung di kawasan industri Delta Mas Cikarang dapat menggunakan fasilitas solar panel,” ujar Oky, Selasa (16/7/2024).

Sebagai upaya untuk mempromosikan penggunaan panel surya kepada pelaku industri, SUN Energy pun gencar melakukan literasi dan edukasi. Salah satunya melalui pemberian donasi berupa PLTS atap di sebuah institusi pendidikan Jepang berlokasi di kawasan industri tersebut. SUN Energy menggandeng Yayasan SUN untuk menyalurkan donasi sistem PLTS sebagai ajang edukasi sistem energi terbarukan. “Donasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan literasi dan edukasi mengenai energi terbarukan khususnya energi surya di sektor pendidikan, serta upaya pengurangan emisi karbon sebagai inisiatif SUN Energy dalam mewujudkan sekolah ramah lingkungan,” Oky menambahkan.

Anggita Pradipta selaku Head of Program Yayasan SUN mengatakan, donasi yang diberikan kepada Cikarang Japanese School diwujudkan dalam bentuk fasilitas sistem PLTS guna mendukung proses edukasi generasi muda melalui para pelajar, sekaligus ajang promosi pemanfaatan PLTS yang dapat dengan mudah dioperasikan. Apresiasi Yayasan SUN terhadap CJS yang telah memberikan akses kepada SUN Energy sebagai perusahaan pengembang energi surya untuk dapat mendemonstrasikan listrik ramah lingkungan di kawasan pendidikan.

Pihak Cikarang Japanese School mengungkapkan apresiasinya terhadap komitmen Yayasan SUN dengan SUN Energy dalam mempromosikan akses listrik ramah lingkungan melalui sistem PLTS di gedung sekolah. Pihaknya berharap dapat memaksimalkan akses para pelajar seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Sistem PLTS merupakan wujud teknologi yang dikembangkan untuk memberikan akses kehidupan yang ramah lingkungan, sejalan dengan tantangan global saat ini yaitu perubahan iklim.

“Untuk itu, kami menyambut baik donasi sistem PLTS oleh pihak Yayasan SUN, sebagaimana kami dapat secara langsung mendemonstrasikan fasilitas gedung sekolah yang ramah lingkungan kepada para murid kami,” ujar Tsujiguchi San selaku Kepala Sekolah Cikarang Japanese School.

Kehadiran sistem PLTS di kawasan pendidikan kian bertumbuh dan terus diakselerasi, seperti yang dilakukan oleh SUN Energy yang juga telah mengoperasikan PLTS di sejumlah institusi pendidikan. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi SUN Energy, dikarenakan generasi muda merupakan generasi yang akan menjadi solusi terhadap tantangan global yaitu perubahan iklim dengan beralih ke energi terbarukan, mendukung pembangunan berkelanjutan, dan menciptakan masa depan yang lebih hijau.

Yayasan SUN sebagai penyalur donasi berharap bahwa sistem PLTS ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi Cikarang Japanese School, tetapi juga menginspirasi institusi pendidikan lain untuk beralih ke energi terbarukan. Melalui inisiatif ini, Yayasan SUN terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan keberlanjutan lingkungan di Indonesia.

Yayasan Sinar Utama Nusantara (Yayasan SUN) adalah organisasi nirlaba yang berdiri sejak Februari 2018 di bawah naungan Grup SUN. Yayasan SUN bergerak untuk memberdayakan dan memberikan kesetaraan energi melalui fasilitas energi terbarukan. Sebagai bagian dari upaya tersebut, Yayasan SUN telah mengaliri 19 desa di Indonesia dengan pemanfaatan energi bersih melalui program-program seperti elektrifikasi desa 3T, eco-tourism, pelatihan sumber daya manusia mengenai PLTS, dan instalasi PLTS di sekolah-sekolah. Melalui kerja sama dengan berbagai pihak, Yayasan SUN terus berkomitmen untuk memperluas jangkauan pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia dan menjawab tantangan energi yang dihadapi oleh daerah-daerah terpencil di Indonesia. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading SUN Energy Incar Bisnis PLTS di Delta Mas Cikarang. Please share...!

Back To Top