KKP Dukung Program Makan Bergizi Gratis Masukkan Ikan Sebagai Sumber Protein

Konferensi pers KKP terkait capaian hasil kinerja kementerian semester I tahun 2024 di Media Center KKP Gedung Mina Bahari IV Lt. GF, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2024)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyambut positif program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang dicetuskan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut KKP Hendra Yusran Siry mendorong dalam program makan itu bisa memasukkan lauk ikan untuk pemenuhan gizi anak bangsa. Menurut Hendra, salah satu bentuk dukungan KKP adalah dengan menggalakkan program makan ikan. Karena ikan merupakan sumber protein dan omega 3 yang memberi manfaat bagi pertumbuhan anak. “Ini adalah salah satu investasi sangat besar untuk menciptakan generasi muda lebih bagus, lebih cerdas dengan makan ikan lebih banyak pasti lebih cerdas," ucap Hendra, Rabu (24/7/2024).

Dijelaskan Hendra, dengan mengonsumsi ikan dapat mencegah stunting pada anak-anak. Hendra juga meyakini tim pemerintahan baru telah mendengar masukkan dari kampanye KKP yakni Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). "Tapi, tentunya kami juga berharap dan menyampaikan kebijakan arahan kami bahwa makan ikan ini adalah makanan ikan yang bisa meningkatkan kecerdasan dan menurunkan nilai stunting. Saya kira pesannya sudah didengar," kata Hendra.

Senada, Inspektur Jenderal KKP Tornanda Syaifullah menyatakan, KKP juga memiliki kewajiban untuk menekan angka stunting di masyarakat. Bahkan KKP mendapatkan laporan dari Dinas KP Aceh yang membagikan 7,5 ton ikan untuk mencegah stunting.

Dikatakannya, program ini seharusnya turunannya ke pemerintah daerah dan pemerintah kabupaten agar angka stunting turun. Bisa saja terjadi daerah penghasil ikan tapi angka stunting-nya tinggi. Hal tersebut karena di daerah tersebut tidak gemar makan ikan, atau tidak ada kemampuan memperoleh asupan gizi yang cukup. Salah satu caranya dengan makan ikan. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading KKP Dukung Program Makan Bergizi Gratis Masukkan Ikan Sebagai Sumber Protein. Please share...!

Back To Top