Berdayakan Kelompok Petani untuk Budidaya Kedelai

Petani kedelai


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kelompok Petani Perempuan Lestari Karisma dan Paguyuban Petani Lestari Boro merupakan kelompok petani kedelai lokal yang giat dan ulet membina perempuan di wilayah Kulon Progo untuk dapat mandiri dan berdaya. Pada pertengahan tahun ini, mereka berhasil menyelesaikan proses panen kedelai varietas Galunggung, Grobogan dan Wilis dengan hasil yang memuaskan dari aspek kualitas dan kuantitas.

Cuaca yang mendukung dan curah hujan yang mencukupi telah menjadi faktor penting keberhasilan panen kali ini. "Petani disini juga telah mempraktikkan kegiatan bertani dengan kembali pada tradisi menggunakan sistem non-monokultur, di mana satu lahan tidak hanya ditanami satu jenis tanaman saja. Pengolahan dilakukan secara alami, mulai dari menentukan benih, siklus tanam, sampai masa panen. Pupuk yang digunakan berasal dari olahan daun dan kotoran ternak," ungkap Herni, salah satu penggerak Paguyuban Petani Lestari Boro.

Tidak hanya fokus pada proses bercocok tanam tetapi kelompok tani ini juga secara rutin mengadakan berbagai pelatihan dan kegiatan yang bertujuan pada kedaulatan pangan bagi perempuan.

Misi tersebut sejalan dengan pilar keberlanjutan yang diusung PT FKS Multi Agro dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, oleh karena itu pada 21 Juli 2024, PT FKS Multi Tbk Agro merealisasikan program penyerapan kedelai dari hasil panen kedua kelompok tani tersebut.

Sukis Rahardjo, Kepala Gudang PT FKS Multi Agro Tbk Semarang, menyatakan bahwa uji mutu telah dilakukan sebelum penyerapan ini direalisasikan. Menurutnya, kualitas kedelai tersebut sangat baik dan PT FKS Multi Agro Tbk siap menyerap sebanyak 20 ton kedelai untuk dapat didistribusikan kepada pengrajin tahu tempe khususnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Program serupa telah konsisten dilakukan PT FKS Multi Agro Tbk beberapa tahun terakhir sebagai upaya konkrit perusahaan untuk membantu penyerapan kedelai lokal sebagai dukungan atas program jangka panjang pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan nasional. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Berdayakan Kelompok Petani untuk Budidaya Kedelai. Please share...!

Back To Top