XL Biz, Solusi Pelaku UKM Kembangkan Bisnis di Era Digital

460
(Ki-Ka) Vice President XL East Region-Desy Sari Dewi dan Mis Sales Strategic and Management XL-Aston Fredy di sela-sela acara Peranan Mobile Broadband untuk Inovasi Digital, di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya, Selasa (18/10/2016)

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- PT XL Axiata Tbk (XL) terus melebarkan sayap untuk membidik pelanggan baru.  Terbaru, operator ini meluncurkan XL Biz untuk membidik pelanggan dari kalangan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia.

Mis Sales Strategic and Management XL, Aston Fredy mengatakan, melalui program XL Biz, pihaknya memberikan solusi kepada pelaku UKM berupa seperangkat mobile broadband router, paket data dan layanan bernilai tambah (value added service) seperti web hosting, domain, storage cloud, XL Tunai, CUG, nomor XL virtual dan berbagai solusi lainnya.

“Solusi tersebut bisa digunakan oleh pelaku UKM untuk mengembangkan dan akselerasi bisnis di era digital,” ujarnya, Selasa (18/10/2016) di Graha 10 Nopember ITS Surabaya.

Menurut Fredy, UKM dibidik, karena pelaku usaha sektor ini di Indonesia cukup banyak. Jumlahnya mencapai sekitar 68 juta.

Dari jumlah itu, selama rentang waktu lima tahun ke depan, diperkirakan sebanyak 48 juta UKM sudah memanfaatkan layanan digital dan teknologi untuk mengembangkan usahanya. Atau, setiap tahun tumbuh 11 sampai 12 juta.

“Dengan potensi yang besar tersebut, hingga akhir tahun nanti, kita optimis sebanyak 12.000 UKM memanfaatkan XL yang telah kita luncurkan,” terangnya.

Setelah itu, tahun berikutnya, XL menargetkan bisa melayani 80.000 pelanggan UKM, atau naik hingga 600 persen.

“Itu merupakan bagian dari upaya kami ikut mendorong percepatan pertumbuhan UKM,” tegas Fredy.

Di tempat yang sama, Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi menambahkan, Selasa hari ini merupakan 20 tahun XL hadir melayani masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan layanan telekomunikasi.

Dalam rentang waktu tersebut, berbagai terobosan telah dilakukan. Khususnya dalam memberikan layanan internet dan data yang mampu menunjang kinerja dan produktivitas masyarakat.

Layanan tersebut, antara lain berbasis e-commerce, internet of thing(IOT), integrated e-channel, mobile advertising, digital entertainment dan mobile finance solution.

Kini, XL, kata Desy siap berkontribusi dalam mewujudkan visi 1 miliar koneksi oleh industri telekomunikasi nasional di masa depan. Melalui

“Untuk mendukung hal itu, kami akan terus berupaya meningkatkan layanan, baik secara kualitas, inovasi produk, maupun jangkauan layanan,” tegas Desy. (dri)

BAGIKAN