Taspen Life Masuk Peringkat Kelas Menengah di Industri Asuransi Jiwa Nasional

639

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) mencatat pendapatan sepanjang 2015 sebesar Rp 290,2 miliar atau tumbuh sebesar 92 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryono mengatakan pertumbuhan pendapatan tersebut ditopang oleh meningkatnya penerimaan premi dan hasil investasi yang dilakukan perusahaan.

Sepanjang 2015, aset perseroan tercatat sebesar Rp 2,7 triliun atau meningkat sebesar 528 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Adapun, dari dari sisi laba, Taspen Life mencatatkan pertumbuhan laba sebesar 244 persen atau senilai Rp 42,7 miliar dibandingkan pada 2014 senilai Rp 12,4 miliar.

Berdasarkan hasil audit per 31 Desember 2015, Taspen Life tercatat memiliki Risk Base Capital (RBC) atau tingkat kecukupan modal pada 200 persen atau telah memenuhi ketentuan OJK terkait tingkat solvabilitas paling sedikit 120 persen.

“Di usia perusahaan yang baru dua tahun beroperasi, kinerja tersebut menjadi motivasi kami untuk terus tumbuh dan berinovasi. Dari sisi aset Taspen Life juga telah masuk peringkat perusahaan asuransi kelas menengah,”kata Maryoso saat pemaparan kinerja di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Saat ini, jumlah peserta Taspen Life sampai dengan 31 Desember 2015 sebanyak 336.637 peserta dengan jumlah pemegang polis sebanyak 47 perusahaan/instansi. Dalam melayani peserta, saat ini Taspen Life Bekerjasama dengan 53 kantor cabang PT TASPEN (Persero) seluruh Indonesia.

“Kami optimistis ke depan kinerja akan terus meningkat dan nasabah semakin bertambah. Terlebih mengacu pencapaian kinerja kami yang positif setelah 2 tahun resmi beroperasi,”jelasnya.

Pada 2016, perseroan menargetkan pertumbuhan pendapatan premi sebesar Rp180 miliar atau naik sebesar 43 persen dibanding dengan pendapatan premi tahun 2015 senilai Rp 126 miliar. Pencapaian target tersebut akan didukung oleh rencana perseroan untuk terus menggarap captive market berupa program Top Up Tabungan Hari Tua (Top Up THT) PNS dan BUMN serta peluncuran dua produk baru berupa asuransi individual.

“Melalui program-program ini, kami berharap dapat lebih memberikan manfaat yang maksimal bagi peserta,”jelas Maryoso.

Taspen Life memiliki 7 produk asuransi jiwa kumpulan, yakni Taspen Group Endowment, Taspen Group Whole Life, Taspen Group Annuity, Taspen Save, Taspen Credit Life, Taspen Group Term Life dan Taspen Group Personal Accident.

Perlu diketahui, kesuksesan Taspen Life ini pun tak terlepas dari hadirnya sebuah sistem solusi teknologi informasi yang mapan. Dalam mengoptimalisasikan pelayanan mereka kepada konsumen, Taspen Life mempercayakan pilihan teknologinya kepada SAP.

“SAP bangga mendukung Taspen Life, dalam proyek transformasi strategis mereka untuk memperbaiki proses bisnis dalam organisasi dengan meningkatkan IT, manajemen sumber daya manusia dan tata kelola perusahaan. Dalam melanjutkan perjalanan inovasi mereka, Taspen Life kini mengadopsi SAP ERP yang didukung oleh SAP HANA sebagai platform untuk mengotomatisasi dan merampingkan proses bisnis mereka,” tutur Vice President dan Managing Director SAP Indonesia, Megawaty Khie.

Megawaty melanjutkan dengan kemampuan mereka untuk beroperasi dengan lebih menguntungkan dan kompetitif, Taspen Life telah berada di jalan mencapai tujuan bisnis dengan sebuah sistem yang canggih dan handal, untuk mendukung pertumbuhan yang mereka harapkan. SAP terus bekerja dengan para pemimpin bisnis yang inovatif di bidang mereka masing-masing, seperti Taspen Life, untuk membantu menyederhanakan operasi di belakang layar, sehingga perusahaan asuransi seperti mereka dapat memfokuskan diri kepada apa yang mereka lakukan terbaik, yakni melayani kebutuhan pelanggan mereka.

Selain kemampuan yang dimiliki SAP HANA, Taspen Life memilih SAP untuk track record-nya yang telah terbukti dalam memberikan ERP yang terpercaya dan solusi yang menjawab kebutuhan spesifik setiap industri, layanan pelanggan yang kuat dan jaringan luas mitra bisnis mereka yang berbasis solusi lokal. (dri)