Solusi IoT Terbaru dan Terhandal dari SAP

560

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- SAP SE (NYSE: SAP) hari ini, Kamis (27/10/2016) mengumumkan peluncuran dua solusi Internet of Things (IoT) terbarunya, yakni software SAP Connected Goods dan server SAP Dynamic Edge Processing.

Inovasi IoT terbaru ini memungkinkan pelanggan SAP untuk menghubungkan sejumlah besar perangkat IoT dan data sensor real-time ke proses bisnis utama untuk meningkatkan produksi bisnis termasuk mengurangi biaya bandwidth, menunjang visibilitas dan wawasan yang lebih besar, dan meningkatkan peluang pendapatan.

“Dengan solusi IoT terbaru ini, kami memungkinkan tingkatan baru dari inovasi bisnis dan nilai operasional dari perangkat IoT di mana saja, bagi masyarakat umum, di seluruh industri,” kata Tanja Rueckert, wakil presiden eksekutif, Aset Digital dan IoT, SAP. “Dengan memperluas kemampuan digital dan kekuatan processing SAP hingga ke tingkat tertinggi, di mana sensor perangkat data berasal, perusahaan dapat meminimalkan hambatan, meningkatkan efisiensi operasional dan mempercepat pengambilan keputusan untuk mengoptimalkan wawasan.”

SAP Connected Goods

Asosiasi perdagangan memperkirakan jumlah mesin penjual di seluruh Eropa saja melebihi 3,74 juta, dengan aset dan potensi pendapatan senilai miliaran euro. Dengan angka yang mengejutkan tersebut, perusahaan tidak mampu membayar biaya mahal dari gagalnya penjualan, kehilangan peluang pendapatan atau pelanggan yang tidak puas sebagai akibat dari perangkat yang kurang berfungsi atau tidak dapat beroperasi.

SAP Connected Goods adalah solusi berbasis cloud yang dijalankan di atas SAP HANA Cloud Platform yang dirancang untuk memaksimalkan nilai perangkat umum, seperti pendingin, vending machines atau alat-alat listrik, melalui pemantauan jarak jauh, manajemen dan kontrol pusat. Hal ini mengoptimalkan ketersediaan perangkat, pemanfaatan dan kinerja dengan membantu memastikan tingkat stok yang memadai dan penyimpanan yang benar. SAP Connected Goods mengidentifikasi tren perangkat yang relevan dan pola penggunaan dengan sistem peringatan untuk pengisian barang saat stok hampir kosong, dan menciptakan dashboard yang telah diintegrasikan dengan disesuaikan solusi SAP BusinessObjects™ Cloud. Tidak hanya itu, solusi ini sesuai dengan beragam perangkat umum di berbagai outlet penjualan seperti toko eceran, apotik dan situs pembangunan, dan memungkinkan model bisnis alternatif seperti product-as-a-service (PaaS) untuk menarik pelanggan baru berdasarkan preferensi penggunaan produk dan pemahaman terhadap perilaku konsumen.

SAP Dynamic Edge Processing

Data tumbuh secara eksponensial di antara miliaran perangkat cerdas yang menghubungkan informasi, orang dan berbagai hal di perusahaan digital. Akibatnya, organisasi dihadapkan dengan sekumpulan besar data yang dapat membanjiri jaringan. Cara yang paling efektif untuk mengurangi biaya transmisi sementara menjaga nilai wawasan real-time adalah dengan memproses lebih banyak data di tepi, di mana perangkat berada di luar pusat data.

SAP Dynamic Edge Processing mendukung platform yang aman untuk menjembatani “hal-hal” fisik dengan dunia bisnis. Platform ini memperbanyak pengambilan keputusan IoT dengan konteks bisnis dan mengoptimalkan operasi perusahaan dengan cara memungkinkan aset perusahaan dan para karyawan bekerja berdampingan secara lebih efisien. Selain itu, platform ini menyaring data yang paling penting yang harus ditransfer ke sistem inti IoT sambil menangani data lainnya sekaligus. SAP Dynamic Edge Processing menggabungkan algoritma, mensinkronisasi arsitektur dan teknologi database dengan fitur untuk konektivitas perangkat, operasi offline, reduksi data, platform aplikasi lokal, tanggapan langsung dan penyimpanan lokal.

Ketika diimplementasikan bersama-sama, SAP Connected Goods dan SAP Dynamic Edge Processing meningkatkan efisiensi operasional dengan mendistribusikan pengolahan data antara batas luar dan solusi cloud terpusat. Kemampuan untuk menganalisa data yang masuk, menjalankan aturan bisnis di batas tersebut dan memicu tindak lanjut segera dengan SAP Dynamic Edge Processing mengurangi lalu lintas jaringan secara keseluruhan dan meningkatkan kualitas data yang dikirimkan oleh SAP Connected Goods, dan dengan demikian memungkinkan kontrol perangkat yang lebih baik. (red/dri)

BAGIKAN