Sido Muncul Pilih SAP S/4HANA untuk Raih Efisiensi Operasional, Analisis Bisnis Real-Time, dan Pengambilan Keputusan Lebih Cepat

349

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. (IDX: SIDO), salah satu perusahaan manufaktur obat herbal dan minuman terkemuka di Indonesia, hari ini mengumumkan keputusan mereka untuk mengadopsi solusi SAP S/4HANA bersama PT Eclectic Consulting yang menyediakan layanan implementasi bagi rangkaian solusi bisnis generasi maju di atas platform in-memory tingkat atas milik SAP, dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan menekan biaya produksi. Selain itu, solusi ini diharap mampu menjadwalkan proses analisis dan produksi bisnis di rantai pasokan mereka agar berdampak positif bagi kegiatan perusahaan.

Sido Muncul, yang go public pada tahun 2013, memiliki 112 sub-distributor di seluruh negeri.  Berkantor pusat di Semarang, Indonesia, dengan sekitar 3.900 karyawan, perusahaan yang bertumbuh dengan cepat ini, kini menjadi produsen ternama atas 250 obat herbal terlaris di Indonesia seperti Tolak Angin, Kuku Bima Ener-G!, dan Kopi Jahe Sido Muncul (Sido Muncul Ginger Coffee), beserta beragam produk lainnya. Saat ini, produk Sido Muncul juga tengah diekspor ke luar negeri di wilayah Asia Tenggara, Australia, Korea Selatan, Nigeria, Aljazair, Hong Kong, Amerika Serikat, dan Arab Saudi, dengan rencana ekspansi global masa depan ke Thailand, Vietnam, dan Jepang.

Sehubungan dengan persaingan yang ketat di industri kesehatan, bisnis yang terus berkembang dan pasar distribusi yang semakin luas, Sido Muncul memahami bahwa merupakan sebuah hal yang penting untuk mengintegrasikan serangkaian proses di seluruh perusahaan untuk mempertahankan operasi yang efektif dan efisien. Untuk mencapai misi dan tujuan bisnis grup perusahaan mereka, Sido Muncul mencari cara-cara baru untuk meningkatkan keseluruhan operasi bisnis mereka, namun hal ini tidak mungkin terlaksana tanpa adanya dukungan teknologi yang kuat.

Mempertimbangkan hal ini, Sido Muncul memutuskan untuk memanfaatkan perangkat lunak aplikasi bisnis terkemuka yang dapat memberikan informasi real-time seputar produksi, pembiayaan dan rantai pasokan serta analisis bisnis yang dipercanggih. Dengan ini, Sido Muncul menargetkan pengambilan keputusan yang lebih cepat, biaya operasional yang lebih rendah, dan efisiensi organisasi yang lebih besar khususnya dalam kapasitas distribusi mereka. Memanfaatkan SAP S/4HANA, perusahaan bermaksud untuk mendapatkan pandangan yang lebih komprehensif dari data keuangan dan operasional dan meminimalisir beban dari adanya proses ganda, laporan dan upaya manual yang salah, sehingga mendukung penyampaian informasi yang tepat waktu dan akurat bagi para stakeholders.

Direksi Sido Muncul mengemukakan, “Kami sangat bangga memilih SAP sebagai penyedia solusi perangkat lunak yang tepat untuk membantu kami mencapai operasi bisnis yang mulus dan efektif dengan sistem yang terintegrasi dan sistematis. Seiring dengan berkembangnya bisnis kami, kami percaya bahwa SAP S/4HANA adalah pilihan yang tepat bagi perusahaan kami yang terus berkembang pesat. Dengan ini, kebutuhan bisnis yang cepat dengan informasi yang real-time akan meningkatkan peluang mendapatkan bisnis yang baru, dan juga dapat meningkatkan keunggulan operasional dan manajemen biaya. Hal ini sejalan dengan tujuan kami untuk menjadi perusahaan obat herbal dan minuman terkemuka di Indonesia.”

“Saya percaya bahwa keahlian kelas dunia dan pengalaman SAP dalam membantu pelanggan menghadapi tantangan ekonomi digital, akan membantu Sido Muncul dalam merampingkan proses operasional mereka dan mendapatkan manfaat dari data real-time di berbagai departemen bisnis. Hal ini akan memfasilitasi komunikasi dan pengambilan keputusan yang lebih efektif di antara karyawan, sekaligus meningkatkan kekuatan operasional sembari mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi,” kata Megawaty Khie, Wakil Presiden dan Managing Director SAP Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/2/2017).

Aris Utama, CEO PT Eclectic Consulting, mengemukakan, “Memiliki pengalaman yang luar biasa dalam proyek implementasi untuk perusahaan Indonesia dari semua ukuran, PT Eclectic Consulting bangga membantu PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. dalam memulai langkah menuju masa depan digital yang lebih baik.”

SAP S/4HANA sendiri merupakan rangkaian solusi bisnis generasi maju yang memiliki kemampuan unggulan untuk menyederhanakan, meningkatkan efisiensi, dan memperkaya pengalaman pengguna serta beragam fitur canggih seperti opsi perencanaan dan simulasi transaksi konvensional. Dengan implementasi SAP S/4HANA, PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. dapat mengantisipasi adanya perbaikan di bidang produksi, rantai pasokan, dan penjualan dan distribusi, untuk meningkatkan ketahanan dan pertumbuhan bisnis yang lebih tinggi, dengan tetap menjaga kepuasan pelanggan yang tinggi. (red/dri)