SAP Bersama Swiss Reinsurance Company Ltd. Persembahkan Performa Terbaik Industri Asuransi

421

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- SAP SE (NYSE: SAP) hari ini, Jumat (3/2/2017) mengumumkan rencana kerjasama strategis dengan Swiss Reinsurance Company Ltd. (Swiss Re), salah satu perusahaan grosir terkemuka di dunia dalam bidang penyedia jasa reasuransi, asuransi, dan berbagai bentuk layanan penanggulangan risiko lainnya yang juga berbasis pada asuransi.

Bekerjasama, kedua perusahaan tersebut berencana untuk mengembangkan solusi untuk mengatasi tuntutan yang kompleks terkait kemudi keuangan dan pelaporan perusahaan asuransi regulator di seluruh dunia.

Perusahaan asuransi saat ini harus mengelola dan melaporkan usahanya sesuai dengan berbagai macam penilaian yang berbeda dan standar peraturan pelaporan. Menjaga kepatuhan dan konsistensi karenanya merupakan proses yang menantang, terutama karena valuasi biasanya dilakukan secara berurutan dan dengan banyak redundansi. Peraturan baru, seperti Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS) 9 dan 17, juga akan menegakkan persyaratan pelaporan tambahan. Tantangan-tantangan ini membuat sulit bagi perusahaan asuransi dan reasuransi untuk menangkap informasi keuangan yang dapat dipercaya untuk tujuan pelaporan dan pengambilan keputusan. Mereka juga secara signifikan meningkatkan kompleksitas proses, pelaporan, dan biaya operasional yang dikeluarkan secara internal.

Swiss Re dan SAP tengah mengembangkan sebuah pendekatan baru untuk menghasilkan beberapa penilaian dan menerapkan metode kemudi keuangan berdasarkan platform SAP HANA, memungkinkan proses yang akan otomatis dan terkontrol dengan cara yang simple dan efektif. Pendekatan baru ini bertujuan untuk:

  • Mengatur kompleksitas peraturan yang semakin meningkat dengan kemampuan untuk mempraktekkan valuasi dan standar pelaporan baru (seperti IFRS dan U.S. GAAP) secara teratur.
  • Mengurangi beban pelaporan dengan memunculkan valuasi finansial yang beragam secara simultan.
  • Mengurangi waktu yang dihabiskan pada tugas-tugas dan kontrol operasional, dengan meningkatkan kapasitas analisis.
  • Menciptakan kemampuan untuk mengontrol alokasi sumber daya finansial.

Beberapa tahun terakhir, Swiss Re dan SAP telah menciptakan kemajuan yang signifikan dalam wilayah ini. Swiss Re telah menerapkan pengetahuan industrinya yang mendalam untuk menciptakan sebuah pendekatan accounting yang bergengsi untuk sukses menghadapi berbagai tantangan regulatory dan operasional. Dengan menggabungkan kekuatan kedua perusahaan, SAP dan Swiss Re memiliki visi untuk menciptakan sistem yang fleksibel dan canggih di atas SAP HANA untuk menyederhanakan operasi perusahaan dan meningkatkan produktivitas bisnis. Solusi ini, yang didesain khusus untuk industri reasuransi/asuransi, akan menggunakan akuntansi dan kemudi pendekatan sederhana untuk menjalankan beberapa valuasi efisien sekaligus.

“Kami memilih untuk bekerjasama dengan SAP dalam inisiatif ini mengingat SAP merupakan perusahaan penyedia software dengan pengalaman yang mendalam dalam bekerjasama bersama perusahaan asuransi global,” kata Gerhard Lohmann, CFO Reasuransi di Swiss Re. “Saya benar-benar percaya bahwa bersama kita bisa mencapai visi strategis kami untuk mengaktifkan kemudi terintegrasi dan pelaporan untuk diri kita sendiri dan di seluruh industri.”

Luka Mucic, CFO dan anggota Dewan Eksekutif SAP SE, menambahkan: “Kami bangga untuk bekerja dengan Swiss Re, sebuah perusahaan dengan pengetahuan industri yang mendalam, untuk mendorong pengembangan solusi baru yang akan memberikan pendekatan yang simple bagi asuransi dan sektor keuangan untuk menjawab kebutuhan canggih mereka. Merupakan keyakinan kami bahwa proyek kerjasama seperti ini adalah apa yang akan memandu dan membentuk masa depan industri kami.” (red/dri)