Plaza Semanggi Dukung Industri Model Indonesia

28
Mall Director Plaza Semanggi Sylve Djohan (kelima dari kiri) berfoto bersama dengan Pemenang Pertama Plangi Model Hunt 2016 kategori model wanita Moriska (keempat dari kanan), Desainer APPMI Rudy Chandra (kedua dari kiri), Pengajar dari Baby Famous Indonesia Olivia Marzuki (keempat dari kiri) dan Heverst Melcki (kedua dari kanan), Koreografer Wawan Soeharto (ketiga dari kanan), Pemenang Pertama Mister Indonesia Gilbert Pangalila (ketiga dari kiri), Pemenang Pertama Plangi Model Hunt 2016 Benedict Harold (kelima dari kanan) saat konferensi pers dimulainya ajang Plangi Model Hunt 2018 yang bertema Sparkling You, di The Plaza Semanggi, Jakarta, 9 November 2017

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- The Plaza Semanggi menggelar ajang pencarian model “Plangi Model Hunt 2018” untuk mendukung industri model Indonesia. Profesi model sangat menjanjikan. Selain mendapat penghasilan yang lumayan, seorang model bisa mengembangkan diri menjajal profesi lain yang lebih menantang, seperti presenter, bintang film, hingga politisi.

“Profesi model sangat menjanjikan dan banyak dibutuhkan termasuk oleh mal, seperti Plaza Semanggi. Selain untuk memeragakan busana di fashion show, Plaza Semanggi membutuhkan model untuk pemotretan promosi produk terbaru. Karena itu, sejak 13 tahun lalu, Plaza Semanggi konsisten menggelar ajang pemilihan Plangi Model Hunt bagi remaja yang memiliki bakat untuk menjadi model sebagai profesi yang dapat dibanggakan, sekaligus ikut mendukung industri model di Indonesia,” kata Sylve Djohan, mall director Plaza Semanggi di Plaza Semanggi, Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Pemenang Plangi Model Hunt 2017 untuk kategori pria, Benedict Christopher Harold Sasube mengaku jalannya menjadi model profesional semakin terbuka sejak mengikuti Plangi Model Hunt. “Saya tahun ini ikut jadi model untuk Jakarta Fashion Week 2018, ikut Man Fashion Week 2017, dan banyak tawaran memeragakan busana dan pemotretan,” kata Benedict yang baru berusia 14 tahun dengan tinggi badan 178 cm.

Prestasi tak kalah hebat juga diraih Moriska, pemenang Plangi Model Hunt 2016 untuk kategori wanita. “Begitu menang, saya ditawari ikut Jakarta Fashion Week 2017 dan 2018, ikut Indonesia Fashion Week 2017 dan 2017, April lalu saya juga baru saja menang Top 10 Supermodel International 2017 di India dan menang ‘Best Evening Gown dan Best National Costume’ dengan tema Elang Jawa. Saya juga mulai mendapat tawaran main film, ” kata Moriska bangga.

Olivia Marzuki, news anchor dan salah satu juri Plangi Model Hunt 2018 mengatakan ajang tersebut tak hanya mencari model yang cantik atau ganteng. “Profesi model tak hanya mensyaratkan wajah cantik atau ganteng, tetapi juga harus memiliki grooming. Dia harus tahu bagaimana berbicara yang baik, berpenampilan baik, dan bersikap yang baik,” kata Olivia Marzuki.

Grooming atau bernampilan baik dan rasa percaya diri tinggi,kata Wawan Soeharto–koreografer fashion show dan pemilik manajemen artis yang juga juri Plangi Model Hunt 2018–, menjadi kunci seorang model. “Di ajang tahun lalu, grooming dan percaya diri yang sangat tinggi itu yang saya lihat dari Moriska, pemenang tahun lalu. Begitu naik panggung, saya sudah tulis dia juara satu. Pokoknya first impression (kesan pertama) itu jadi kunci apakah seseorang berbakat jadi model dan akan jadi bintang atau tidak,” ujar Wawan.

Tak cuma itu, calon model, kata perancang busana Rudy Chandra–yang juga menjadi juri di ajang ini–, harus memenuhi kriteria ketat untuk menjadi model profesional. “Seorang model harus memiliki ukuran tubuh sesuai standar. Tinggi perempuan minimal 174 cm dan pria minimal 180 cm, lingkar pinggul minimal 37 cm dan badan minimal 33 cm. Tetapi kalau syarat model internasional tinggi wanita minimal 176 cm dan pria 182 cm. Model juga harus memiliki wajah yang unik dan bisa membawakan busana sesuai karakter busana yang dipakai,” kata Rudy yang hampir tak pernah melakukan fitting karena model-model yang membawakan busana karyanya selalu memiliki tubuh sesuai standar internasional.

Hadiah Ratusan Juta

Plangi Model Hunt 2018 adalah ajang pemilihan model yang ke-13. Proses pemilihan dimulai sejak 11-26 November 2018. Tahun ini, Plangi Model Hunt mengangkat tema “Sparkling You” dan terbagi dalam empat kategori lomba, yaitu kategori remaja wajita usia 12-17 tahun, dewasa wanita usia 18-22 tahun, remaja atau dewasa pria usia 12-28 tahun, dan kategori anak-anak 5-11 tahun. ”Tahun lalu, 300 peserta mengikuti ajang ini. Tahun ini, kami menargetkan peserta naik 20 persen,”kata Sylve.

Total hadiah yang diberikan Plangi Model Hunt 2018 senilai lebih dari Rp 110 juta dalam bentuk uang tunai dan kontrak menjadi model untuk Plaza Semanggi selama satu tahun. Selain itu juga juga ada hadiah voucer belanja dan produk dari tenant Plaza Semanggi.

Selain juri yang disebutkan di atas, bertindak sebagai juri lainnya adalah presenter Indra Bekti, desainer Dana Maulana (Danjyo Hiyoji), Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw, casting director MD Picture Sanjay Mulani. Pada proses penjurian, seluruh peserta yang masuk tahapan photo session akan mendapatkan couching class tentang modelling. (ym)

BAGIKAN