Pelindo III Siapkan 126 Trip Mudik Gratis

353

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Pelindo lll kembali menggelar kegiatan Mudik Gratis tahun 2017 untuk transportasi jalur Laut, Giat rutin ini sering dilakukan setiap tahun guna membantu masyarakat yang mudik antar pulau. Tidak hanya itu, Pelindo III juga menyediakan bus gratis di dua lokasi pelabuhan, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Bus gratis tersebut tersedia selama tujuh hari berturut-turut mulai 15-23 Juni 2017 atau H-10 hingga H-2 sebelum Hari Raya ldul Fitri 1438 H.

Vice Presiden Corporate Communication Pelindo lll Widyas Wendra telah disiapkan jingle “Yuk Pulang Kampung Bareng Pelindo Ill” yang akan diputar mulai dari terminal keberangkatan pemudik, baik di Kapal Pelni maupun di Terminal Gapura Surya Nusantara.

Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat menambahkan, melalui program ini sudah disiapkan kursi penumpang kurang lebih 6(enam) ribu penumpang untuk kapal laut oleh Pelindo III menuju beberapa kota tujuan di Pulau Jawa. Dari Pulau Kalimantan yang berangkat mulai dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Pontianak dan Balikpapan serta Makassar dengan tujuan terakhir Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas.

“Jika ada yang sakit, Pelindo III juga menyediakan fasilitas meliputi posko kesehatan yang siaga 24 jam oleh tenaga medis dari RS Pelindo Husada Citra (PHC), sesuai kedatangan kapal, dan dua unit garbarata di Tanjung Perak untuk pasien,” ujar Faruq Hidayat.

Sementara itu, Widyas Wendra menyebutkan ada enam rute dari Tanjung Perak Surabaya ke berbagai kota di wilayah Jawa Timur, diantaranya Pasuruan- Probolinggo- Lumajang Jember sebanyak 21 trip, Mojokerto- Jombang- Nganjuk -Madiun sebanyak 21 trip, Kediri- Tulungagung -Trenggalek sebanyak 14 trip, Lamongan- Bojonegoro- Cepu sebanyak 14 trip, Surabaya- Pare -Blitar sebanyak 7 trip, dengan estimasi peserta mudik gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak adalah sebanyak 3.696 penumpang.

Selanjutnya, untuk rute dari Tanjung Emas Semarang juga akan melayani enam rute menuju kota di Provinsi Jawa Tengah, yakni Solo-Yogyakarta sebanyak 14 trip, Demak- Kudus- Pati sebanyak 7 trip, Temanggung- Parakan- Wonosobo sebanyak 14 trip, Magelang- Jogja- Purworejo sebanyak 7 trip, Kendal- Pekalongan- Pemalang sebanyak 7 trip dengan estimasi peserta mudik gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas adalah sebanyak 2.352 penumpang, sehingga perkiraan total jumlah penumpang yang dibiayai oleh Pelindo lll dalam mudik gratis tahun 2017, total +/- 16.048 penumpang.

“Untuk menjadi peserta mudik gratis Pelindo III, pemudik dapat mendaftarkan diri secara langsung di pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukan tiket kapal dan bukti identitas diri. Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III juga dilindungi asuransi yang ditanggung sepenuhnya oleh Pelindo III, dan calon penumpang mudik gratis tersebut akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti konsumsi snack, serta bus yang dipakai dilengkapi fasilitas AC dan reclining seat,” imbuh Widyas.

Program yang diprakarsai dan didanai sepenuhnya oleh Pelindo III tersebut dalam pelaksanaannya bersinergi dengan BUMN lain yaitu PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) sebagai operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk penyediaan armada bus. “Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III ini bertujuan untuk memudahkan para penumpang kapal laut yang selanjutnya perjalanan dengan moda transportasi darat hingga sampai kota tujuan. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi tersebut terkait program mudik gratis bagi penumpang laut yang diselenggarakan oleh Pelindo III, bisa langsung mengakses ke www.pelindo.co.id,” tutupnya. (dri)