OJK-PPKK Unair Gelar Financial Carrer Expo Surabaya 2016

523

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)-  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Pusat Pembinaan Karier Kewirausahaan (PPKK) Universitas Airlangga Surabaya menggelar Financial Career Expo di Dyandra Convention Hall, Rabu (7/9/2016).

Sebanyak 650 lowongan pekerjaan lebih dari 30 perusahaan industri jasa keuangan se-Jawa Timur (Jatim) tersedia dalam kegiatan ini. Seusai membuka acara, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menjelaskan, Financial Career Expo sangat membantu memberi peluang kerja bagi anak bangsa yang potensial di bidang finansial dan industri keuangan.

Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf, berharap anak muda sebagai penerus bangsa mampu menempati berbagai industri keuangan karena saat ini sudah banyak bank asing masuk ke dalam negeri. “OJK yang harus menguasai pasar, maka itu kami ingin peraturan yang menyusahkan dalam industri keuangan harus dipotong.

Bank dalam negeri harus dipermudah ketika hendak mengembangkan jangkauan layanan mereka. Karena di Indonesia ini aneh, bank asing dipermudah buka layanan di sini, sedangkan bank kita ketika hendak membuka cabang di luar negeri dipersulit,” katanya.

Sementara Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia mengatakan, DPR sebagai mitra OJK secara terus menerus bersama- sama OJK membangun finansial inklusif atau layanan keuangan yang mampu menjangkau semua lapisan masyarakat.

Karena itu, kegiatan Financial Career Expo sangat penting dan dibutuhkan. Saat ini pembayaran banyak menggunakan teknologi digital dan itu dekat dengan anak muda. Berkembangnya transaksi keuangan via teknologi ini seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna smartphone di Indonesia. Tak hanya itu, beberapa tahun belakangan, toko online juga mulai bermunculan.

Tentu toko online ini akan menyediakan transaksi pem-bayaran via digital. “Anak-anak muda kan sangat dekat dengan teknologi. Hampir semua perkembangan teknologi terbaru mereka ketahui, termasuk transaksi keuangan lewat smartphone ,” ujarnya.

Financial Career Expo diselenggarakan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja untuk mengurangi tingkat pengangguran.

Industri jasa keuangan yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan ini terdiri dari sektor perbankan (Bank Umum, Bank Syariah, dan BPR), sekuritas, lembaga pembiayaan, asuransi umum, asuransi jiwa, PPKK Universitas Airlangga, dan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim.

Kegiatan ini diisi juga dengan berbagai talkshow , seperti mengenal OJK dan lembaga jasa keuangan oleh Perwakilan dari OJK Surabaya, Karir Didunia Industri Jasa Keuangan oleh Eka Fitria selaku Vice President Human Capital Services group. (dri)