Majukan Bisnis dan Daya Saing Usaha, Acer Bersama Microsoft Dorong UMKM Jatim

451

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Untuk mendukung mobilitas dan produktivitas pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM), Acer secara konsisten telah sejak lama memperkenalkan beberapa lini produk terbarunya, khususnya notebook 2-in-1 dengan kemampuan beragam dan value terbaik di kelasnya yang sesuai dengan kebutuhan pelaku bisnis mikro. Karena itu sebagai bagian dari edukasi dan pemberdayaan pemanfaatan teknologi informasi (TI) kepada pelaku UMKM, khususnya di Jawa Timur (Jatim), Acer dan Microsoft, bersama-sama membantu memecahkan masalah dan hambatan yang dihadapi UMKM dalam meningkatkan daya saing dan menumbuhkan bisnis usaha mereka dengan menghadirkan platform teknologi yang mudah digunakan yaitu Windows 10 Pro dan perangkat notebook 2-in-1 multifungsi.

Saat ini jumlah UKM di Jawa Timur, menurut data Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur (2015), tercatat ada 6.852.931 unit dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 11.117.439. Dari jumlah itu usaha mikro mendominasi sebanyak 6.533.694 atau sebanyak 95,72 persen, dengan hampir separuh lebih mengusung gaya kerja mobile Riko Gunawan, Head of Product Acer Indonesia, mengatakan, “Di era serba digital ini, TI memegang peranan utama dalam membantu pelaku UMKM untuk melakukan tranformasi bisnis secara cepat, tepat dan efisien. Kami mengambil inisiatif untuk mendekatkan diri kepada pelaku UMKM dengan menghadirkan jajaran notebook 2-in-1 yang dirancang untuk usaha kecil melayani semua kebutuhan dan menawarkan ketenangan kepada mereka dengan fitur keamanan unggulan, kemampuan multitasking untuk berhubungan dengan pelanggan dimana saja kapanpun dan menjangkau pasar lebih luas, serta pilihan kinerja yang memberikan mereka mobilitas dan kebebasan untuk bekerja sesuai keinginan mereka.”

“Dari segi spesifikasi, berkat dukungan Windows 10, beberapa notebook 2-in-1 yang kami miliki memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung dengan cloud dan internet, memiliki tingkat keamanan tinggi, memangkas biaya usaha, sehingga mendorong terjadinya sistem kerja kolaboratif yang dapat membantu UMKM untuk mempercepat pertumbuhan bisnis dan berdaya saing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Ini tentunya seiring dengan misi kami untuk menghadirkan teknologi yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh setiap orang tanpa terkecuali,” tambahnya.

Tantangan yang dihadapi UMKM setelah berdiri adalah bagaimana mendapatkan pelanggan dan memasarkan produknya, tantangan berikutnya adalah bagaimana meningkatkan omzet, daya saing usaha dan memperluas pasar. Peran TI, dalam hal ini, bukan saja sebagai tool untuk mencatat penjualan, menyimpan data pelanggan, atau terhubung dengan media sosial saja, tapi lebih dari itu bagaimana TI dapat membantu meningkatkan kinerja, menjadi perangkat yang mendukung mobilitas secara aman dan nyaman serta mampu meningkatkan produktivitas mereka, sehingga pelaku UMKM dapat meningkatkan daya saing usaha, pendapatan dan pasar, tanpa harus terbatas pada area geografis di wilayahnya berada.

Linda Dwiyanti, Windows Business Group Lead, Microsoft Indonesia mengungkapkan, “Pertumbuhan UKM di Indonesia saat ini meningkat pesat dan memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan bagi negara. Riset juga mengungkapkan bahwa rata-rata mayoritas UKM di Indonesia mengusung gaya kerja mobile, sehingga kebutuhan terhadap perangkat yang dapat mendukung gaya kerja tersebut meningkat pesat. Di Microsoft, kami memahami apa yang menjadi pertimbangan bisnis, termasuk UKM dalam memilih perangkat yang sesuai. Bersama dengan Acer dan mitra lainnya, kami menggelar Microsoft Device Days, sebuah kegiatan sosialisasi bagi 100 retailers Microsoft di dua kota di Indonesia, yakni Jakarta dan Surabaya sehingga pelaku UMKM dapat melihat dan merasakan langsung manfaat dari perangkat-perangkat Windows 10 tersebut.”

Rhein Mahatma, pendiri Startupbisnis.com dan Buattokoonline.id, pengamat sekaligus mentor entrepreneurship menjelaskan, “Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat dan munculnya channel-channel baru di dunia digital memungkinkan pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online, seperti melalui search engine, market place, media sosial, dan website online shop, menuntut pelaku UMKM untuk terus mengembangkan diri untuk menguasai cara penjualan di banyak chancnel. Selanjutnya penting juga bagi mereka selanjutnya memonitoring aktivitas tersebut sehingga dapat meningkatkan daya saing usaha dan memajukan bisnis.”

Faizah Riffat Ma’rifah, Pemimpin Craftincraft.com, sebuah platform media digital yang khusus menerbitkan konten tentang craft (kerajinan) dengan tujuan dapat memberikan added value bagi komunitas UKM pengrajin di Jawa Timur, mengatakan, ”Tidak dapat dipungkiri peran teknologi kini sangat bermanfaat bagi komunitas pengrajin, mulai dari pelajar hingga ibu-ibu yang memiliki usaha kerajinan di Jawa Timur. Kehadiran notebook 2-in-1 dari Acer dan platform Windows 10 akan sangat membantu mobilitas dan produktivitas para pengrajin. Mereka dapat memanfaatkan fungsi tablet untuk mempresentasikan hasil desain ke calon pelanggan, memfoto lalu mengupload produk kerajinan mereka ke dalam portal lebih cepat, dan yang terpenting fitur keamanan yang menjaga data mereka menjamin pengrajin bekerja dengan nyaman.”

Acer telah menghadirkan jajaran notebook 2-in-1 multifungsi yang telah dirancang sesuai dengan kebutuhan usaha kecil yang menuntut mobilitas dan produktivitas. Beberapa di antaranya yakni Acer One 10+ generasi kedua, Acer Switch 11V, Acer Switch 10e, dan Acer Switch 12s.

Kesemua perangkat tersebut dapat bertranformasi menjadi mode notebook untuk mendukung produktivitas kerja dan mode tablet untuk fleksibilitas dan gaya kerja mobile. Ditambah dengan kelengkapan Windows 10 dan Office 365 di dalamnya merupakan platform terbaik yang menghadirkan sistem keamanan dan perlindungan terdepan yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis UMKM

Untuk mengetahui spesifikasi lengkap dan review produk klik di www.acerid.com.

Layanan Pelanggan Nomor 1

Kepuasan pelanggan adalah mutlak, untuk itu seluruh produk Acer dilengkapi dengan garansi tiga tahun (jasa servis) dan didukung dengan jaringan Acer Customer Service Center (ACSC) yang tersebar di 97 lokasi di 79 kota di seluruh Indonesia.

Selain itu, pelaku UMKM juga dapat menghubungi layanan purna jual Acer melalui social media, blog, Twitter, Facebook selama 24 jam sehari; dan Acer Contact Center (1500-155). Pelanggan di Jawa Timur dapat mengunjungi layanan Acer Customer Service Center (ACSC) di:

1. Surabaya, berlokasi di ACSC BG Junction , Lantai 2 Blok C65-68, Jalan Bubutan No 1-7, dan ACSC Hi-Tech Mall Lantai 2 Blok B5-6, Jalan Kusuma Bangsa 116-118

2. Jember, berlokasi di ACSC Jember Jalan Kalimantan No. 5B

3. Malang, berlokasi di ACSC Malang di Jl. Bondowoso No. 43 Kav. 4, RT 010/002, Kelurahan Gading Karsi, Kecamatan Klojen. (dri)