Lembaga Pelatihan Algoritma Siap Suplai Data Scientist

82

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kurangnya kompetensi tenaga kerja di bidang ilmuwan data atau data scientist di perusahaan Indonesia menjadi latar belakang Algoritma sebagai data science training center dibentuk. Lembaga pelatihan ini memiliki target menghasilkan orang-orang yang terampil di bidang data science.

Beroperasi sejak Juli 2017, Algoritma memberikan pelatihan data science disertai dengan contoh dan aplikasi yang sebenarnya di dunia kerja. Kurikulum Algoritma dibagi menjadi dua spesifikasi, yakni visualisasi data dan machine learning. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah project-based learning dengan pendekatan learn-by-building.

Sejak Juli sampai November 2017, Algoritma sudah meluluskan sebanyak 175 siswa yang merupakan gabungan spesifikasi visualisasi data dan machine learning. Para lulusan ini berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari fresh graduates, programmer, IT manager, sales & marketing officer, risk management officer, CTO dan CEO. Semua lulusan tersebut merupakan para siswa yang menghadiri workshop Algoritma yang diadakan selama 3 hari dan berhasil membangun projek untuk masing-masing spesifikasi.

Nayoko Wicaksono, Co-founder Algoritma, mengungkapkan, Algoritma menyediakan pelatihan intensif data science bagi siapa saja yang tertarik menjadi data scientist dalam waktu singkat. “Kemampuan mengolah data sangat diperlukan di era digital saat ini karena dapat membantu pengambil keputusan untuk menentukan arah bisnis,” ujarnya dalam Academy Launch Algoritma, di Block 71, Gedung Ariobimo Sentral, Jakarta, (5/12/2017).

Adapun beberapa klien yang mengikuti pelatihan Algoritma antara lain BCA, BTPN, UOB, BNI, EY, Blibli.com, United Tractors, Tigaraksa Satria, Gunung Sewu Group, The Body Shop, JAPFA, Infomedia, dan beberapa perusahaan lain.

Algoritma memberi dukungan pengembangan karir, jaringan korporat dan komunitas, serta bantuan dari mentor yang ahli di bidangnya masing-masing. Algoritma juga menyediakan kesempatan bekerja bagi para lulusan yang memenuhi kualifikasi tertentu.

Pada bulan Januari 2018, Algoritma mulai membuka kelas akademi, yakni belajar data science secara intensif selama 6 bulan. Setiap peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti spesifikasi visualisasi data atau machine learning atau keduanya. Masing-masing kelas akan berlangsung dengan maksimal peserta sebanyak 20 orang dan setiap peserta akan dibantu oleh asisten pengajar. (sd)

BAGIKAN