Lancar Bersilaturahmi Selama Ramadhan dan Lebaran 2016 dengan Jaringan Data Terkuat di Indonesia

395

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Memasuki masa Ramadhan dan Mudik Lebaran, dipastikan kebutuhan akan layanan telekomunikasi menjadi sebuah hal penting bagi masyarakat di era digital dan social media saat ini. Menyadari pentingtnya sarana komunikasi masyarakat ini, Indosat Ooredoo menyatakan kesiapan jaringannya selama bulan Ramadhan dan Mudik Lebaran 2016, baik untuk komunikasi suara, SMS maupun data.

Hal ini dilakukan Indosat dengan melakukan peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Network Operation Center (INOC) sebagai Command Center. Command Center akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring bahkan sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin.

Dikatakan Group Head Network Operations, Achmad Abimanyu, menghadapi Ramadhan dan Mudik Lebaran 2016, kapasitas jaringan Indosat Ooredoo telah ditingkatkan, yaitu untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 4 Miliar SMS/hari, dan untuk data, Indosat Ooredoo meningkatkan kapasitas data menjadi 6.389 TeraByte/hari.

”Kapasitas ini kami siapkan untuk 69,8 juta pelanggan Indosat Ooredoo yang didukung dengan total BTS 52.326 secara nasional,” terangnya, Rabu (1/6/2016).

Sementara itu, Indosat Ooredoo juga memperkirakan prediksi kenaikan trafik selama puncak mudik Lebaran 2016 dibandingkan tahun sebelumnya untuk masing-masing layanan adalah: layanan suara diprediksi melonjak 11%, serta layanan data melonjak 80%,sedangkan trafik SMS diprediksi turun 10% dari tahun lalu seiring dengan tingginya trend penggunakan social media.

Lebih jauh Abimanyu juga menegaskan bahwa untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam situasi apapun, Indosat telah menyiapkan jaringan telekomunikasinya untuk menghadapi potensi lonjakan trafik telekomunikasi pada masa Ramadhan dan Mudik Lebaran 2016.

”Peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang telah melalui program modernisasi jaringan serta penggelaran jaringan 4G LTE di berbagai kota, membuat kami yakin pelanggan dan masyarakat akan tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman dan lancar,” jelas Abimanyu.

Sebagai bagian dari kesiapan jaringan menghadapi masa Ramadhan dan Mudik Lebaran 2016, beberapa waktu lalu, Indosat telah melakukan uji jaringan di salah satu jalur mudik utama wilayah Jawa Timur, yaitu jalur Surabaya sampai Malang.

”Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, rute tersebut diprediksi akan mengalami kepadatan lalu lintas mobil yang ingin mudik di kedua kota ini. Selain menjadi kota tujuan mudik, di Surabaya dan Malang juga menjadi kota tujuan wisata selama masa liburan Lebaran,” tambah Abimanyu.

Dalam drive test tersebut dilakukan berbagai aktifitas layanan data seperti  browsing, download, upload file, atau melihat HD video serta live streaming. Dan dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas internet berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Begitu pula untuk kualitas suara di jaringan Indosat juga dilakukan melalui pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score). Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent.  Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat berada pada tingkat superior (terbaik) dibandingkan dengan yang lain. (dri)