Konsep Street Racing Jawara di Agya Show Off 2016

563

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Agya Show Off 2016 akhirnya di menangkan Putu Volmawan Litade warga Denpasar Bali, dengan mobil Agya modifikasinya yang diberi konsep ‘Agya Street Racing’.

Bukan hanya memenangkan kategori Most Attractive Car dengan hadiah Rp 12,5 juta, tapi dalam ajang Agya Show Off 2016 kali ini, Volmawan juga memenangkan beberapa kategori seperti The Best Audio, The Best Body Conversion, dan Mobil Favorit Pengunjung.

Gelaran Agya Show Off 2016 kali ini sepertinya memang milik Denpasar Bali, karena selain menyabet juara pertama, juara kedua dan ketiga juga diraih modifikator dari Denpasar Bali. Sedang dua modifikator dari Gresik dan Surabaya yang juga masuk final, tidak mampu berbuat banyak dan hanya meraih juara harapan.

Dikatakan M. Lukman Hakim selaku Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Toyota Agya Club (TAC), kontes ini memang baru pertama kali digelar sejak TAC berdiri Januari 2014 lalu, dengan tujuan mengapresiasi minat anggota TAC dalam memodifikasi mobilnya.

“Dan kami sangat berterima kasih pada PT Toyota Astra Motor (TAM) dan Auto 2000 yang sangat mendukung dan mensuport kegiatan ini,” katanya.

Ia juga menjelaskan sampai saat ini jumlah anggota TAC mencapai 1050 dari 21 chapter se Indonesia. Di Jawa Timur sendiri ada 5 Korwil yakni Surabaya dan sekitarnya, Bojonegoro, Malang, Madiun dan Banyuwangi dengan jumlah anggota sebanyak 100 orang.

Adapun proses seleksi Agya Show Off 2016 Surabaya, menurut Lukman, dimulai dari 14-23 Maret 2016 dengan jumlah pendaftar sebanyak 17 modifikator. Kemudian dipilih 5 konsep modifikasi terbaik pada 29 Maret setelah dinilai juri dan pengurus pusat TAC.

“Gelaran ini adalah untuk wilayah Timur, mulai dari Semarang, Surabaya dan Denpasar. Sementara untuk Wilayah Barat, mulai dari Lampung, Banteng, Tangerang, Bekasi sampai Bandung, Agya Show Off 2016 akan digelar di Jakarta pada 27 April – 1 Mei 2016,” lanjut Lukman.

Menurut Head of Community Development PT TAM, Indra Rezkita Lubis, pihaknya akan mengevaluasi terlebih dahulu dari dua gelaran Agya Show Off di Surabaya dan Jakarta. Dan bila memang dirasa bagus, maka kontes seperti ini akan dilanjutkan di tahun depan.

“Saya juga tidak menyangka bahwa dalam kontes modifikasi ini, Agya bisa ditampilkan sangat luar biasa. Bahkan bias anda lihat, pintunya juga bisa dimodifikasi seperti mobil Lamborghini,” lanjutnya.

Sementara Branch Manager PT Astra International Tbk Sales Operation Cabang Kertajaya, Hasan, menjelaskan, selama ini backbone penjualan Toyota dipasok dari Innova dan Avanza. Tapi di segmen LCGC, Agya berkontribusi terbesar.

“Untuk segmen LCGC, Agya nomor satu dengan market share di Jawa Timur sebesar 32,9 persen,” terangnya

Sementara menyinggung biaya modifikasi yang dikeluarkan oleh peserta, ternyata cukup berfariasi, mulai Rp 30 juta hingga ratusan juta rupiah. Hasl ini juga diakui jawara lomba Agya Show Off, Putu Volmawan Litade, yang mengeluarkan biaya hingga Rp 115 juta untuk memodifikasi mobil Agya-nya.

“Mungkin orang berfikir biaya modifikasinya bisa lebih mahal dari harga mobilnya. Tapi gak papa karena memang sudah hobi,” pungkasnya. (dri)