Jurnal Pay Permudah UKM Menerima dan Mencairkan Dana

95
CEO Jurnal.id, Daniel Witono (kiri) dan COO Xendit, Ikhsan Rahardian (kanan) berfoto bersama saat peluncuran fitur Jurnal Pay di Jakarta

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Startup penyedia perangkat lunak akuntansi online, Jurnal.id, kembali meluncurkan fitur baru guna semakin mempermudah manajemen keuangan para pebisnis kecil dan menengah. Fitur baru tersebut adalah Jurnal Pay, yang membantu para pelaku bisnis UKM melakukan pembayaran langsung melalui virtual account (bank transfer) atau kartu kredit.

Daniel Witono, Chief Executive Officer Jurnal.id, menjelaskan, dengan mengaktifkan fitur tersebut para pemilik UKM dapat memproses penagihan sehingga mitra bisnis atau pelanggan mereka dapat melakukan pembayaran secara online dari setiap invoice yang dikirim. “Jadi proses penagihan dan pembayarannya jadi lebih sederhana dan cepat karena tidak perlu lagi administrasi yang lama,” jelas Daniel.

Untuk mendukung operasional fitur baru tersebut, Jurnal.id menggandeng startup Xendit, yang merupakan portal untuk payment gateway. Xendit bertugas membangun infrastruktur teknologi finansial, sehingga para pelaku UKM tidak perlu lagi membuat virtual account sendiri. Dengan hanya memasukan beberapa informasi seperti nama perusahaan, email, nama bank, nama akun, rekening Jurnal.id, serta akun biaya pada Jurnalpay, pengguna sudah bisa menerima dan mencairkan dana yang terverifikasi secara otomatis. “Tidak perlu lagi melakukan pengecekan manual satu per satu ke masing-masing bank,” lanjutnya.

Ikhsan Rahardian, COO Xendit, mengungkapkan, memang akan sulit bagi pelaku UMKM untuk membangun dan mengoperasikan sendiri infrastruktur teknologi finansial yang mampu menjalankan tugas layaknya Jurnal.id itu. Selain itu sejumlah persyaratan yang sangat ketat harus dipenuhi untuk UKM bisa lulus audit oleh sebuah bank, prosesnya pun memakan waktu cukup lama, minimal 3 bulan, lalu teknologi yang akan digunakan juga harus benar-benar secure. “Memang lebih praktis menggunakan layanan API yang sudah ada seperti Jurnal.id, sehingga pemilik usaha bisa lebih fokus mengembangkan bisnisnya.” jelas Ikhsan.

Adapun bank-bank yang telah menjadi mitra Jurnal.id adalah Mandiri, BRI dan BNI. Berdiri sejak 2014, startup ini telah melayani transaksi (invoice) lebih dari US$ 1 miliar dari puluhan ribu penggunanya termasuk di dalamnya 20 perusahaan besar. “Kedepan tim pemasaran kami akan terus meperkenalkan layanan ini ke para pelaku UKM, baik lewat digital maupun road show,” jelas Daniel.

Dengan adanya fitur baru ini, Daniel memperkirakan bisa menggandeng lebih banyak lagi pengguna Jurnal.id, tetapi dirinya tidak bisa memasang target nilai transaksi yang akan dikelola, “Karena pengguna kami itu transaksinya ada yang hanya ratusan ribu dan ada yang puluhan juta per transaksi,” ungkapnya. (sd)

BAGIKAN