HUT Ke-39, BPJS Ketenagakerjaan Se-Kantor Wilayah Jatim Gelar Pasar Sembako Murah

524
(Kanan) Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa, Heru Prayitno, saat ‘menjual’ sembako murah di Gedung BG Junction Surabaya, Kamis (8/12/2016)

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Memperingati Hari Ulang Tahun ke 39, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur bersama Kantor Cabang  Surabaya Karimunjawa, Darmo, Tanjung Perak, Rungkut dan Sidoarjo secara serentak menggelar pasar sembako murah di 8 tempat, Kamis (8/12/2016).

Delapan tempat itu, 5 di Surabaya dan 3 di Sidoarjo. Di Surabaya digelar di Gedung BG Junction Bubutan, di Balai Kelurahan Sememi, di Gedung Kade Lor Rungkut, dan di depan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak, serta di Kantor Kelurahan Petemon.

Sedangkan di Sidoarjo ditempatkan di 3 desa yang telah dinobatkan sebagai Desa Peduli BPJS Ketenagakerjaan, yakni Desa Plumbon, Kecamatan Porong, Desa Tambak Cemandi, Kecamatan Sedati, dan Desa Grabagan, Kecamatan Tulangan.

Di 8 ‘Pasar Sembako Murah BPJS Ketenagakerjaan’ tersebut, satu paket sembako berisi beras 5 kg, minyak goreng 4 liter, gula pasir 3 kg, mie goreng 2 bungkus, dan 1 kaleng sarden, yang harga normalnya Rp150.000,-, cuma dijual Rp75.000,-.

“Jadi harga satu paket sembako ini kami discon 50 persen,” kata Abdul Cholik, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur, dalam rilis yang diterima media ini.

Dikatakan, total yang disebarkan di 8 titik tersebut sebanyak 5.000 paket sambako. Ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sesuai PP No.99 Tahun 2013 dan sebagai Corporate Social Responsibility.

Di Gedung BG Juntion Surabaya, ‘Pasar Sembako Murah BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim’ dilaksanakan Kantor Cabang Surabaya Karimunjawa bekerjasama dengan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dan Bank BNI.

Di tempat ini, sebagaimana disebutkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa, Heru Prayitno, sebanyak 737 dari 5.000 paket sembako murah disalurkan ke masyarakat 8 kelurahan di Surabaya, yakni Kelurahan Asemrowo, Bubutan, Genteng, Tegalsari, Mulyorejo, Krembangan, Bulaksari, dan Simokerto.

Selain penyaluran paket sembako murah, acara tersebut juga diisi dengan sosialisasi, penyerahan santunan Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan Hari Tua (JHT) secara simbolik pada ahli waris peserta bernama Mochammad Subekti sebesar Rp48,6 juta.

Selain itu juga penyerahan kartu kepesertaan secara simbolik kepada seorang yang mewakili ratusan peserta baru. “Jadi sembako murah ini selain untuk peserta juga untuk peserta baru. Bagi peserta baru kami berikan gratis iuran bulan pertama,” terang Heru.

“Pasar sembako murah kami gelar untuk mendekatkan BPJS Ketenagakerjaan dengan peserta, calon peserta, perusahaan dan Pemerintah Daerah agar terjalin hubungan yang harmonis,” lanjut Abdul Cholik.

“Ini merupakan kontribusi nyata BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan jaminan kesejahteraan bagi seluruh warga negara, khususnya para pekerja Indonesia,” tambah Kakanwil BPJS Ketenagakerjaan Jatim ini.

Dia juga menyebutkan, selain pasar murah, untuk membantu masyarakat kurang mampu pihaknya juga telah melakukan kegiatan ‘Employee Volunteering’, bakti sosial yang anggarannya murni dari para pegawai BPJS Ketenagakerjaan secara sukarela.

Tidak hanya itu, untuk program edukasi dan hiburan berhadiah, masih dalam rangkaian HUT Ke-39 ini BPJS Ketenagakerjaan juga akan menggelar SuperWeekend di Royal Plaza Surabaya pada hari Sabtu-Minggu (10-11/12/2016).

Di acara SuperWeekend yang akan menghadirkan artis Petra Sihombing itu juga akan menampilkan jago-jago stand up, lomba nyanyi, lomba mewarnai buat anak-anak, cosplay, bazar UKM, dan diselingi dengan edukasi tentang pentingnya jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, kata Cholik, BPJS Ketenagakerjaan memiliki komitmen tinggi untuk berpartisipasi dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, melalui penyelenggaraan sistem jaminan kesejahteraan bagi generasi sekarang tanpa mengganggu kemampuan generasi yang akan datang dalam memenuhi kesejahteraannya. (dri)