CCAI – FKPL Gelar Aksi Pungut Sampah Bersama

419

PANDAAN (IndonesiaTerkini.com)- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) dan Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) menggelar aksi pungut sampah bersama di Car Free Day Pandaan, Minggu (13/11/2016). Aksi ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang berasal dari berbagai komunitas mulai dari LSM peduli lingkungan, komunitas pecinta reptil, hingga komunitas musik reggae.

“Sebagai perusahaan yang memproduksi minuman dan kemasannya, pengelolaan sampah konsumen menjadi salah satu perhatian CCAI. Setiap tahun CCAI mengalokasikan ratusan tempat sampah di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu lingkungan dan berpartisipasi dalam edukasi masyarakat untuk mengurangi sampah,“ ujar Fatimah Zahra, Public Affairs & Communications Coca-Cola Amatil Indonesia.

Melalui aksi ini, CCAI dan FKPL mengajak para pengunjung Car Free Day untuk selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. “Saat ini kesadaran masyarakat akan kebersihan masih minim. Mereka datang untuk menikmati indahnya pagi tanpa asap kendaraan, namun kerap kali masih sering membuang sampah sembarangan,” ujar Fatony, Ketua Forum Komunikasi Peduli Lingkungan. “Melalui inisiatif ini, kami mengajak pengunjung untuk menjadi pahlawan. Tidak perlu kekuatan super untuk menjadi pahlawan, dengan membuang sampah pada tempatnya, Anda pun sudah menjadi pahlawan untuk lingkungan ini,” tambahnya.

Untuk membuat aksi pungut sampah semakin meriah, anggota Forum Komunikasi Peduli Lingkungan mengenakan kostum pahlawan nasional, sambil membawa karung sampah menyusuri jalur Car Free Day dan menyerukan ajakan kepada para pengunjung Car Free Day akan pentingnya menjaga lingkungan bebas dari sampah.  Upaya ini mendapat perhatian dan tanggapan positif dari para pengunjung Car Free Day, terlihat dari aksi pengunjung yang turut membantu memungut sampah dan memasukkannya ke kantung sampah.

“Di sini tujuannya bukan hanya peserta yang memungut sampah, tapi juga mengajak semua pengunjung untuk mengambil sampah di sekitarnya,” ujar Bapak Muchaimin, selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan. Beliau juga mengapresiasi inisiatif CCAI dan para komunitas yang terlibat dalam aksi pungut sampah di Car Free Day. “Semoga inisiatif ini dapat menjadi teladan bagi masyarakat maupun pelaku bisnis lainnya untuk terus menjaga lingkungan di mana pun kita berada,” harapnya. (dri)

BAGIKAN