CCAI Ajak Pelajar Menjaga Bumi Melalui Pelatihan Pengolahan Sampah

360
Siswa-siswi SDN 03 Gempol dengan bangga dan kompak memamerkan hasil prakarya daur ulang dari botol PET

PANDAAN (IndonesiaTerkini.com)- Dalam rangka memperingati Hari Bumi  yang jatuh setiap tanggal 23 April, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) mengadakan pelatihan daur ulang botol plastik dan pengelolaan sampah, diikuti oleh 80 pelajar dari SDN 3 Gempol. Pelatihan ini diawali dengan presentasi mengenai fakta kondisi bumi saat ini dan pentingnya melestarikan bumi melalui aksi-aksi sederhana. Selanjutnya, para peserta pelatihan diminta untuk menuliskan janjinya untuk menjaga bumi dalam secarik kertas. “Dengan cara sederhana ini, kami berharap para murid akan selalu teringat dengan janjinya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Fatimah Zahra, Public Affairs & Communication CCAI.

Sesi pelatihan berikutnya dilanjutkan dengan pelatihan daur ulang oleh Tris Flower dari sentra daur ulang Jambangan Surabaya. Pada kesempatan ini, peserta diberikan pelatihan untuk mendaur ulang sampah kemasan botol plastik menjadi hiasan gantung dan bunga, yang nantinya dapat digunakan untuk dekorasi ruang kelas. “Sampah merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari, namun dapat dikurangi. Dengan pelatihan ini diharapkan menambah wawasan para peserta bahwa sampah jika dikelola dengan benar bisa menjadi bermanfaat,” ujar Lusiana Sutrisno, pelatih dalam acara tersebut.

Untuk mendukung pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, dalam kesempatan ini CCAI juga menyerahkan bantuan tempat sampah berukuran 120 liter untuk SDN 3 Gempol, yang diterima langsung oleh Kepala SDN 3 Gempol, Bapak Hasan Ma’ruf. “Kami sangat bersyukur terpilih menjadi sekolah penerima manfaat ini. Bantuan ini sangat dibutuhkan untuk membangun kesadaran siswa untuk membuang sampah di tempatnya,“ ujar Pak Hasan.

“Sebagai perusahaan yang memproduksi minuman dan kemasannya, pengelolaan sampah konsumen menjadi salah satu perhatian CCAI. Sejak tahun 2012, CCAI telah mendonasikan lebih dari 3.100 tempat sampah ke berbagai pelosok di Indonesia. Bantuan ini merupakan bukti komitmen kami untuk menjalankan bisnis yang bertanggung jawab dengan meningkatkan kesadaran terhadap isu lingkungan,” ujar Fatimah Zahra, Public Affairs & Communications East Java Operation. (dri)

BAGIKAN