BI Provinsi Jatim Gandeng Perguruan Tinggi Tingkatkan Kualitas Generasi Muda

411
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- KPw Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan penandatangan Perjanjiaan Kerjasama Beasiswa Bank Indonesia dengan 5 (lima) Perguruan Tinggi yang berada di Surabaya dan Madura.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah, dan dihadiri oleh Rektor Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Prof. Ir. Joni Hermana, M. Sc.Es., Ph.D, Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H Abd A’la, M.Ag, Rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Warsono, M.S, Rektor Universitas Trunojoyo Madura, Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si, dan Wakil Rektor Universitas Airlangga, Bp. Prof. Djoko Santoso, dr. Ph.D. Sp.PD, K-GH, FINASIM serta seluruh mahasiswa calon penerima beasiswa Bank Indonesia.

Difi Ahmad Johansyah mengatakan, beasiswa Bank Indonesia merupakan program sosial Bank Indonesia bagi mahasiswa/i jenjang Sarjana (S1) berupa bantuan biaya kuliah kepada mahasiswa/i yang memiliki prestasi akademik dan aktivitas sosial kemasyarakatan.

“Tujuan pemberian beasiswa adalah untuk meningkatkan motivasi belajar serta menjamin keberlangsungan studi mahasiswa, sehingga dapat meningkatkan prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Hal ini merupakan bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia sebagai salah satu modal pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. SDM yang terdidik, berilmu pengetahuan dan berkualitas akan menjadi aset strategis dalam pembangunan bangsa di masa depan terutama dalam menghadapi tantangan global,” tandasnya, Kamis (6/4/2017).

Beasiswa Bank Indonesia dibagi menjadi 2 (dua) kategori yaitu Beasiswa Bank Indonesia Reguler dan Beasiswa Bank Indonesia Unggulan. Beasiswa Reguler diperuntukkan bagi mahasiswa yang aktif dalam kegiatan intra kampus maupun eksternal dengan latar belakang menengah ke bawah. Sedangkan Beasiswa Unggulan diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dengan indeks prestasi kumulatif minimal sebesar 3,5. Kuota beasiswa reguler sebanyak 40 orang / PTN, dengan bantuan pendidikan sebesar Rp750.000 per bulan selama 12 bulan. Sementara itu, kuota beasiswa unggulan sebanyak 10 orang / PTN, dengan bantuan pendidikan sebesar Rp1.500.000 per bulan selama 12 bulan.

Secara nasional, Bank Indonesia pada tahun 2016, telah menyalurkan beasiswa Bank Indonesia kepada 82 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk 3.026 mahasiswa, dengan total beasiswa mencapai Rp21 miliar. Sedangkan di Jawa Timur, penyaluran beasiswa pada tahun 2016 telah bekerjasama dengan 11 Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dengan total beasiswa yang disalurkan sebanyak Rp2,45 miliar kepada 380 mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia.

“Beasiswa yang disalurkan melalui Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur telah dimulai sejak tahun 2003. Pada tahun 2017, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur kembali bekerjasama dengan 5 (lima) Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya dan Madura, yaitu Universitas Airlangga dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya untuk beasiswa unggulan, sedangkan Universitas Negeri Surabaya, IAIN Sunan Ampel dan Universitas Trunojoyo untuk beasiswa Reguler. Jumlah penerima beasiswa dari 5 (lima) PTN tersebut untuk tahun 2017 diharapkan sebanyak 140 orang dengan  total penyaluran dana beasiswa sebesar Rp1,44 miliar rupiah,” tutupnya. (dri)

BAGIKAN