Awak Media Uji New Daihatsu Ayla Hingga ke Bukit Jeddih Madura

508
Budhy Lau melepas rombongan wartawan yang mengikuti test drive New Daihatsu Ayla

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- PT Astra Daihatsu Motor (ADM) regional Jawa Timur (Jatim) mengajak awak media untuk melakukan test drive mobil terbarunya di segmen low cost green car (LCGC), New Daihatsu Ayla dari kantor cabang Astra Daihatsu Waru Sidoarjo menuju Bukit Jeddih Bangkalan, Madura.

Bertajuk It’s Fun to be More Amazing Race New Ayla. Acara ini dikuti oleh 55 peserta yang terdiri dari panitia, crew dan 30 orang dari media se-Jawa Timur dengan 20 unit New Daihatsu Ayla berkapasitas mesin 1.200 cc yang terdiri dari 5 unit transmisi Matic (AT) dan 15 unit manual (MT) di dampingi unit-unit Sigra dan Terios.

Rombongan test drive dilepas oleh Budhy Lau, Regional Manager Astra Daihatsu Jawa Timur dari Dealer Daihatsu di Waru Sidoarjo menuju titik pertama, yaitu Kebun Binatang Surabaya. Dilanjutkan dengan checkpoint di patung Gubernur Suryo depan Grahadi Surabaya, berangkat kembali menuju ke Resto Bebek Sinjay untuk makan siang, bagi-bagi door prize serta mengumumkan pemenang foto selfie kelompok, dan kemudian dilanjutkan ke  tujuan akhir perjalanan, yaitu Bukit Jeddih Bangkalan, Madura.

New Daihatsu Ayla saat melintas di Jembatan Suramadu menuju Bangkalan Madura
New Daihatsu Ayla saat melintas di Jembatan Suramadu menuju Bangkalan Madura

“Pemilihan lokasi test drive dari wilayah Waru Sidoarjo menuju bukit Jeddih Bangkalan Madura sekaligus memperkenalkan tempat wisata di daerah tersebut. Rute perkotaan, tanjakan, dan turunan yang dilewati di rute ini diharap bisa mewakili pengetesan peforma mesin baru New Daihatsu Ayla,” katanya.

Pembuktian ketangguhan New Daihatsu Ayla mulai teruji, ketika jalan mulai memasuki wilayah pedalaman yang mulai meyempit dan adanya lubang di beberapa sisi jalan. Manuver New Daihatsu Ayla terbilang smooth ketika harus berpapasan dengan beberapa kendaraan dari lawan arah. Suara noise yang biasa terdengar pada Ayla 1.000 cc, kini nyaris berkurang ketika menggunakan New Daihatsu Ayla 1.200 cc.

Memasuki Bukit Jeddih, jalan tanah tidak rata mulai terasa. Guncangan pada kendaraan pun sedikit terasa, namun suspensi New Daihatsu Ayla terasa nyaman dan jauh lebih baik dari pendahulunya.

Berada di balik kemudi juga memberi kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut interior baru New Daihatsu Ayla. Terlihat tombol pengatur volume audio dan pilihan mode hiburan telah di letakkan pada roda kemudi. Di sektor hiburan juga makin menonjol dengan head unit berlayar sentuh. Ada fitur radio, pemutar DVD, slot USB dan koneksi Bluetooth. Semua itu sudah menjadi fitur standard di varian R Deluxe atau varian tertinggi New Ayla yang tengah kami coba.

Sentuhan bahan pabrik bermotif hitam di kursi dan pelapis bagian dalam pintu (door trim) memberi kesan elegan pada mobil ini. Kursi depan juga sudah mengadopsi bentuk semibucket yang membuat posisi duduk nyaman dan tenang meski belum dilengkapi dengan sandaran kepala (head rest) terpisah yang bisa diatur ketinggiannya. Dua airbag juga sudah menjadi perlengkapan keselamatan standar bagi penumpang depan.

Adhi, Jurnalis Radio Gen FM mengakui, mengendalikan New Daihatsu Ayla terasa mudah dan sangat menyenangkan. Ukuran mobil yang kompak membuat feeling mengemudi cepat didapatkan. Tenaga mesin pun cukup lumayan untuk diajak bermanuver.

Budhy Lau, Regional Manager Astra Daihatsu Jawa Timur saat berfoto dengan New Daihatsu Ayla di Bukit Jeddih Bangkalan Madura
Budhy Lau, Regional Manager Astra Daihatsu Jawa Timur saat berfoto dengan New Daihatsu Ayla di Bukit Jeddih Bangkalan Madura

Dalam wawancara di lokasi test drive Budhy Lau lebih jauh memaparkan, untuk New Daihatsu Ayla ada program DP 15% dan cash back yang hanya ada selama di bulan Mei 2017. Tidak hanya itu, ada juga program trade in untuk mereka yang ingin menukar kendaraannya dengan produk Daihatsu, khususnya New Daihatsu Ayla. (dri)