AMD Mendemonstrasikan Generasi Terbaru Prosesor “Zen” dengan Performa Luar Biasa

1065

SAN FRANCISCO (IndonesiaTerkini.com)- Pada sebuah acara di San Francisco, AMD menyediakan tambahan detail arsitektur dan demo awal performa dari generasi prosesor berikutnya yaitu prosesor “Zen” yang berperforma tinggi. AMD memperlihatkan bahwa prosesor “Zen” memperoleh peningkatan 40% dalam instructions per clock, memberikan peningkatan luar biasa dalam kinerja prosesor.

Selama acara tersebut, AMD mendemonstrasikan prosesor desktop dengan 8-core, 16-thread “Summit Ridge” (bersama dengan AMD “Zen” core) yang mengalahkan performa Intel “Broadwell-E” processor1 dengan konfigurasi yang sama 8-core, 16-threads saat menjalankan software render, Blender multi-threaded di mana kedua CPU di-set pada kecepatan clock yang sama. AMD juga melakukan demonstrasi publik pertama untuk prosesor server berbasis “Zen” yang akan segera hadir dengan 32-core, 64-threads , dengan nama sandi “Naples,” dalam prosesor server ganda yang menjalankan sistem operasi Windows® Server.

“Kinerja dan efisiensi dari ‘Zen’ kami menunjukkan bahwa AMD berada di posisi yang terbaik,” kata Dr Lisa Su, president and CEO of AMD dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/8/2016).

“Selama empat tahun terakhir kami telah melakukan investasi yang signifikan untuk mengembangkan CPU dengan kinerja tinggi, dan roadmap multi-generasi yang akan memperkuat kepemimpinan produk AMD. Kebahagiaan pelanggan untuk ‘Zen’ terus berkembang sebagaimana kami membuat kemajuan yang signifikan terhadap peluncuran produk baru yang akan menjembatani dari datacenter ke PC high-end,” paparnya.

Prosesor “Zen” memiliki beberapa kemajuan arsitektur yang dirancang untuk meningkatkan performa, throughput, dan efisiensi produk AMD masa depan. “Zen” didasarkan pada desain clean-sheet dan fitur hirarki cache yang baru, teknik prediksi percabangan yang ditingkatkan dan simultaneous multi threading (SMT). Kemajuan ini akan memungkinkan “Zen” untuk dapat mengukur agar bisa memenuhi kebutuhan berbagai aplikasi, termasuk perangkat tanpa kipas 2-in-1, embedded system, komputasi kinerja tinggi, dan datacenter.

“Seorang insinyur mungkin mendapatkan satu kesempatan dalam karir mereka untuk bekerja pada sebuah proyek dalam ukuran dan ruang lingkup ini, dan mungkin tidak pernah mendapatkan proyek yang memiliki potensi untuk mempengaruhi masa depan sebagaimana ‘Zen,” kata Mark Papermaster, senior vice president and chief technology officer at AMD.

“Dengan ‘Zen’ kami bertujuan untuk melakukan apa yang mungkin tidak pernah terfikir – memberikan peningkatan 40 persen dalam instructions per clock sembari mempertahankan kebutuhan daya seperti yang dilakukan generasi sebelumnya,” lanjutnya.

“AMD menginvestasikan jika hal tersebut berpotensi, dengan x86 core yang dapat menyesuaikan dari PC ke server berkinerja tinggi,” kata Linley Gwennap, principal analyst, Linley Group.

“Konsumen saat ini berharap untuk mendapatkan hasil maksimal dari sistem mereka untuk menciptakan pengalaman transformatif. Desain serbaguna ‘Zen’ memberikan kinerja yang sangat-efisien yang harus memberikan peningkatan kemampuan komputasi di seluruh spektrum – dari perangkat hingga komputasi awan,” lanjutnya.

Diharapkan untuk diluncurkan pertama, “Summit Ridge” desktop berbasis “Zen” akan memanfaatkan socket AMD AM4, infrastruktur socket terpadu baru yang kompatibel dengan Generasi ke-7 prosesor desktop AMD A-Series – sebelumnya dikenal dengan nama sandi “Bristol Ridge” – untuk kinerja luar biasa serta konektivitas skalabilitas yang diperlukan oleh mitra AMD dan pelanggan. Sistem desktop pertama menampilkan Generasi ke-7 prosesor AMD A-Series dan soket AM4 baru dijadwalkan untuk dikirim di paruh kedua 2016 di desain PC OEM.

Dengan jalur PCIe® khusus untuk USB, grafis, data dan I / O termutakhir lainnya, platform AMD AM4 tidak akan mengambil jalur dari komponen dan perangkat lain. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menikmati sistem dengan meningkatkan respon dan manfaat dari teknologi future-ready di mana platform AM4 menyediakan solusi komputasi yang kuat, scalable dan dapat diandalkan.

Teknologi utama yang dimiliki platfrom AMD AM4 meliputi :

  • DDR4 Memory
  • PCle Gen 3
  • USB 3.1 Gen2 10 Gbps
  • NVMe
  • SATA Express

Fitur arsitektur “Zen” tambahan akan dijelaskan lebih rinci pada presentasi di Hot Chips 28. (red)

BAGIKAN