ACSET Beralih ke SAP HANA Enterprise Cloud untuk Keunggulan Operasional dan Integrasi Bisnis

1103

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Acset Indonusa Tbk (IDX: ACST), salah satu perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia, hari ini, Senin (31/10/2016) mengumumkan kerjasama mereka dengan PT SAP Indonesia dan PT Eclectic Consulting, untuk menggunakan SAP S/4HANA Enterprise Management Cloud Private Option, yang berjalan di SAP HANA Enterprise Cloud (HEC) untuk merampingkan proses organisasi dan memfasilitasi pengiriman data real-time dari lokasi-lokasi proyek untuk integrasi proses bisnis perusahaan. Dengan ini, ACSET bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis sekaligus meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan realisasi pendapatan dengan mengurangi biaya operasional sehari-hari.

Sejak berdirinya pada tanggal 10 Januari 1995, ACSET telah mengembangkan spesialisasi di pekerjaan fondasi dan terus mengembangkan keunggulan utamanya ke berbagai jasa konstruksi lainnya. Saat ini, ACSET merupakan anggota dari salah satu kelompok bisnis terbesar di Indonesia, PT Astra International Tbk melalui anak perusahaannya, PT United Tractors Tbk. ACSET telah terlibat dalam berbagai proyek konstruksi prestisius di seluruh negeri, menawarkan jasa konstruksi terintegrasi yang meliputi pembongkaran, fondasi dalam, struktur bertingkat tinggi, MEP (Mechanical, Electrical dan Plumbing), dan pengerjaan infrastruktur.

Dengan menggunakan kapabilitas yang matang dari SAP S/4HANA Enterprise Management Cloud Private Option dan solusi SAP untuk Engineering, Construction, and Operations (SAP for EC & O), didukung oleh layanan SAP HANA Enterprise Cloud, ACSET akan terbantu dalam upayanya untuk mengurangi biaya dan kompleksitas operasional, serta dalam mengidentifikasi risiko dan keselarasan dalam proyek.

SAP S/4HANA Enterprise Management Cloud Private Option mencakup seluruh bagian perusahaan untuk proses bisnis inti, seperti akuntansi, pengontrolan, manajemen material dan perencanaan produksi. Dengan basis sistem SAP HANA Enterprise Cloud, solusi ini memungkinkan untuk skalabilitas dalam rangka memenuhi pertumbuhan bisnis pelanggan, dan dikelola dengan memanfaatkan praktik proses bisnis terbaik. Meliputi bidang-bidang krusial seperti keuangan dan akuntansi, pengadaan barang, manajemen proyek, dan manajemen hubungan dengan pelanggan, SAP S/4HANA Enterprise Management Cloud Private Option yang berbasiskan kepada SAP HANA Enterprise Cloud merupakan penawaran yang memungkinkan elastisitas cloud, menyediakan penawaran sesuai permintaan, dengan lincah mengalokasikan sumber daya seiring dengan turun naiknya permintaan, dan fleksibilitas dengan penentuan harga berbasis langganan.

Dengan mengadopsi solusi cloud SAP ini, ACSET bertujuan untuk memfasilitasi adanya kontrol terhadap anggaran, kegiatan pembelian, dan manajemen inventaris yang lebih baik yang diberdayakan oleh SAP HANA. SAP HANA adalah platform database dan aplikasi dengan memori internal handal, yang mengubah perhitungan bisnis jangka panjang ke dalam proses real-time. Hal ini akan mendorong kolaborasi dan pertukaran informasi secara real-time yang lebih baik di dalam organisasi dan membantu manajemen proyek yang lebih efektif.

Hal ini akan membantu pengelolaan kendala-kendala bisnis ACSET sebelumnya atas kontrol anggaran dan pertumbuhan pendapatan dalam proyek, kurangnya pelacakan dan ketiadaan sistem pengawasan atas tingkat persediaan di seluruh rantai pasokan. Sebelumnya, hal ini telah berdampak pada kemampuan ACSET untuk memproyeksikan kegiatan secara terperinci selama perencanaan proyek.

“Sebagai perusahaan jasa konstruksi terkemuka di Indonesia, ACSET berkomitmen untuk menyediakan jasa konstruksi kelas dunia untuk semua pelanggan kami. Namun, hal tersebut adalah tantangan besar tanpa adanya suatu sistem informasi yang terintegrasi,” kata Nilawati Irjani, Direktur PT ACSET Indonusa Tbk.

“Dengan memanfaatkan keahlian dan solusi cloud SAP yang ternama dan implementasi oleh PT Eclectic Consulting, kami berharap bahwa proses operasional ACSET akan menjadi lebih sederhana lagi. Upaya ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi cloud terbaru kami, SAP HANA Enterprise Cloud, untuk mendukung pertumbuhan ACSET dalam memungkinkan pengiriman data real-time dan mengurangi inefisiensi dalam mengelola proyek-proyek konstruksi,” jelas Megawaty Khie, Vice President dan Managing Director SAP Indonesia.

Megawaty melanjutkan, “SAP memberikan lisensi perangkat lunak, sementara PT Eclectic Consulting mengimplementasikan solusinya. Bersama dengan PT Eclectic Consulting, kami sangat bangga dapat mendukung misi ACSET untuk menjadi perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia. Industri konstruksi bangsa ini dengan cepat berkembang dan itulah sebabnya platform terpercaya untuk sistem database dan perangkat lunak yang terintegrasi serta sistematik sangat penting dalam menciptakan manajemen yang lebih baik dan kesuksesan yang berkelanjutan dari usaha konstruksi. Kami sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari proyek yang menarik ini dan berharap untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan ACSET.”

Menurut Aris Utama, CEO dari PT Eclectic Consulting, “Setelah bertahun-tahun menangani proyek-proyek untuk banyak perusahaan besar di Indonesia, PT Eclectic Consulting siap membantu PT Acset Indonusa Tbk dalam memulai langkah untuk masa depan yang lebih baik dengan memanfaatkan solusi cloud end-to-end kelas dunia dari SAP. Keunggulan solusi tersebut akan membantu ACSET menjadi lebih sigap dalam proses bisnisnya, meningkatkan visibilitas operasionalnya sehari-hari, dan mengintegrasikan komunikasi antara semua departemen bisnis melalui platform tunggal,” katanya.

Kick-off proyek ACSET dilaksanakan pada awal Oktober, dan merupakan yang pertama di Indonesia untuk SAP HANA Enterprise Cloud. (red/dri)