Accenture-SAP Tingkatkan Performa Industri Minyak dan Gas Melalui Solusi Cloud Terbaru

694

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Accenture (NYSE: CAN) dan SAP SE (NYSE: SAP) memperluas kolaborasi mereka di industri minyak dan gas untuk mengembangkan dua solusi digital inovatif dengan kemampuan cloud.

Kedua akan dirancang untuk meningkatkan manfaat dasar termasuk peningkatan margin operasi hilir dengan penurunan risiko dan peningkatan produksi hulu dengan biaya yang lebih rendah.

Solusi Logistik Hidrokarbon Terhubung (Connected Hydrocarbons Logistics – CHL) akan memberikan informasi mengenai jumlah stok supply chain hidrokarbon milik perusahaan minyak dan gas. Jaringan cloud akan menghubungkan perusahaan dengan pemasok dan partner bisnis, mengoptimalkan pergerakan supply chain hidrokarbon, meningkatkan visibilitas ke biaya sekunder, dan mengurangi modal kerja. Menggunakan teknologi SAP terbaru seperti SAP S/4HANA dan SAP HANA Cloud Platform, bersama dengan pengalaman pengguna SAP Fiori, CHL akan melengkapi dan meningkatkan kemampuan solusi SAP untuk industri minyak dan gas serta solusi SAP lainnya dengan visibilitas yang menyeluruh terhadap analisis real-time dan perencanaan pasokan dan permintaan perusahaan.

Accenture dan SAP juga akan memperluas kolaborasi operasi dan produksi hulu mereka yang menyediakan solusi dan layanan yang mendukung rantai operasional di bagian hulu yang mencakup Upstream Operations Management, SAP UOM, dan template SAP S/4HANA miliki Accenture, yakni Accenture Upstream Direct. Solusi SAP Predictive Maintenance and Service juga tengah diperluas untuk memberikan identifikasi awal atas masalah-masalah performa aset yang mungkin timbul. Hal ini akan memudahkan operator hulu untuk meningkatkan jumlah produksi sekaligus mengurangi biaya pemeliharaan dan perencanaan.

“Rantai nilai hidrokarbon adalah jantung dari bisnis hilir, dan lanskap IT saat ini yang seringkali terpecah-belah dan kuno menjadikan perusahaan minyak dan gas sulit dalam meraup semua keuntungan yang tersedia,” tutur Andrew Smart, managing director divisi energy practice dari Accenture dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/1/2017).

“Kami berharap dapat bekerjasama dengan SAP dan klien kami untuk menggunakan Connected Hydrocarbons Logistics untuk membuka nilai ini dengan perubahan pengelolaan yang lebih baik dalam harga pasokan, permintaan, dan komoditas. Demikian pula, alat pemeliharaan prediktif baru dari SAP dapat membantu operator lebih meningkatkan operasi hulu, dalam lingkungan volatilitas harga minyak yang berkelanjutan,” lanjutnya.

“Program inovasi yang diperluas ini akan memberikan dua kemampuan digital kunci yang tengah dinantikan oleh pelanggan kami; informasi real-time dari semua persediaan produk mereka, dan kemampuan untuk memprediksi kegagalan aset dan merencanakan langkah-langkah terbaik dalam melakukan reparasi,” kata Ken Evans, Wakil Presiden Global, Minyak dan Gas Bumi, di SAP. “Survei kesiapan digital kami menegaskan bahwa walau lebih dari 80 persen dari industri melihat kemampuan ini penting, kurang dari lima persen memilikinya saat ini. Kolaborasi kami dengan Accenture memperluas portfolio solusi transformasi digital untuk industri minyak dan gas saat ini.”

Solusi baru yang dibangun untuk SAP S/4HANA akan dikembangkan bersama-sama oleh Accenture dan SAP dalam kerjasama SAP S/4HANA mereka dengan partisipasi klien dari kedua perusahaan untuk memastikan bahwa semua kebutuhan khusus industri dapat terpenuhi. Pada bulan Oktober, Accenture dan SAP mengumumkan kerjasama mereka untuk mengembangkan generasi berikutnya dari solusi analisis prediktif untuk manajemen aset di industri utilitas untuk memungkinkan pemeliharaan berdasarkan kondisi barang. (red)